visitaaponce.com

Korut Beri Sambutan Hangat kepada Delegasi Kementerian Pertahanan Rusia

Korut Beri Sambutan Hangat kepada Delegasi Kementerian Pertahanan Rusia
Pertemuan delegasi Rusia dengan Korea Utara di Pyongyang, Rabu, 25 Juli 2023.(AFP)

KOREA Utara (Korut) menggelar karpet merah untuk menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, di Bandara Internasional Pyongyang, Rabu (26/7). Kedatangan delegasi Rusia tersebut bertujuan untuk menghadiri acara peringatan Perang Korea.

Delegasi Rusia merupakan pengunjung asing pertama di negara itu sejak penutupan perbatasan akibat pandemi.

Otoritas Pyongyang pada Kamis akan merayakan ulang tahun ke-70 penandatanganan gencatan senjata Perang Korea pada 27 Juli 1953, dan mengakhiri permusuhan terbuka dan ditandai sebagai Hari Kemenangan di Korea Utara.

Baca juga: Korut Luncurkan Rudal untuk Tanggapi Kehadiran Kapal Selam AS

Saat Sergei Shoigu tiba lagu kebangsaan Rusia berkumandang di seluruh Bandara Internasional Pyongyang, yang dibungkus dengan suasana penyambutan yang hangat untuk menyambut Sergei Shoigu dan delegasinya pada Selasa malam.

"Bendera Republik Rakyat Demokratik Korea dan Federasi Rusia berkibar di tiang bendera dan pasukan kehormatan Tentara Rakyat Korea (KPA) berbaris di stasiun sebelum terminal," kata Kantor Berita Pusat Korea, KCNA, Rabu, (26/7).

Baca juga: Korut Tutup Pintu Bagi Amerika soal Pemulangan Tentaranya

Shoigu disambut oleh Menteri Pertahanan Korea Utara Kang Sun Nam, dan foto-foto yang dimuat oleh surat kabar resmi Rodong Sinmun menunjukkan ratusan tentara berseragam KPA berbaris di bandara sambil memegang papan nama yang menyambut kedatangan Rusia.

"Korea Utara menyatakan dukungan penuh mereka untuk tentara dan rakyat Rusia, yang berjuang untuk mempertahankan hak-hak kedaulatan dan pembangunan serta kepentingan negara mereka," tambah KCNA.

Rusia, sekutu bersejarah Pyongyang, adalah salah satu dari segelintir negara yang mempertahankan hubungan persahabatan dengan Korea Utara.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat