visitaaponce.com

Diterpa Topan Khanun, Jepang Keluarkan Perintah Evakuasi

Diterpa Topan Khanun, Jepang Keluarkan Perintah Evakuasi
Pohon tumbang di Okinawa usai diterpa Topan Khanun(AFP)

Sejumlah jadwal penerbangan di Kepulauan Okinawa, Jepang, dibatalkan, sejak Selasa (1/8). Pemerintah setempat juga mengimbau puluhan ribu warga untuk meninggalkan rumah mereka. Semua langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi kedatangan Topan Khanun.

Topan Khanun diramalkan membawa ancaman hujan deras dan angin kencang di Negeri Sakura hingga Kamis (3/8) mendatang. Penduduk di prefektur tropis itu disarankan mengungsi karena badai dapat membahayakan jiwa.

Di kota Naha saja, Khanun bergerak perlahan ke barat laut, dan diperkirakan dapat berdampak kepada setidaknya 20 ribu orang. Hingga Selasa (1/8) siang waktu setempat, Bandara Naha masih ditutup, dan seluruh jadwal penerbangan dari dan menuju daerah tersebut dibatalkan.

Baca juga: BMKG: Kekeringan Berpotensi Melanda Seluruh Wilayah Indonesia

Laporan saluran televisi Asahi menyebutkan pembatalan ini berimbas pada 900 penerbangan, baik domestik maupun internasional. Sedikitnya 180 milimeter curah hujan akan turun di Okinawa pada Rabu (2/8) tengah hari ini. Beberapa wilayah lain di Jepang juga diperkirakan akan dilanda cuaca buruk.

Tokyo dan daerah sekitarnya bahkan harus mengalami pemadaman listrik yang merdampak pada hampir 15 ribu rumah tangga. Itu dilakukan setelah badai petir bergerak mencapai daerah tersebut. (NHK/Z-11)

Baca juga: Korban Tewas Topan Doksuri di Filipina Jadi Enam Orang

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat