visitaaponce.com

Lula Minta Dunia Bantu Selamatkan Amazon

Lula Minta Dunia Bantu Selamatkan Amazon
Hutan Amazon.(AFP/MAURO PIMENTEL)

PRESIDEN Brasil Luiz Inacio Lula da Silva meminta dunia turun tangan untuk membantu negaranya melindungi Hutan Amazon. Pesan yang ia sampaikan pada Kamis (3/8) itu, muncul sebelum pertemuan puncak pembahasan kondisi Amazon sebagai hutan hujan terbesar di dunia yang menjadi penyangga utama terhadap perubahan iklim.

"Kami tahu kami memiliki tanggung jawab untuk meyakinkan dunia bahwa investasi itu murah jika menyangkut menyelamatkan hutan hujan," kata dia.

Menurut Lula, dunia perlu membantu melestarikan dan mengembangkan Amazon. Itu menjawab pertanyaan tentang menyeimbangkan kebutuhan pembangunan ekonomi di wilayah Amazon dengan perlindungan hutan.

Baca juga: Brasil Mampu Tekan Laju Deforestasi di Kawasan Hutan Amazon

Lula dan para pemimpin negara lain di wilayah Amazon akan bertemu minggu depan di Belem, Brasil, untuk mengembangkan kebijakan perlindungan hutan hujan yang rusak parah akibat deforestasi.

Ini akan menjadi pertemuan pertama dari delapan anggota Organisasi Perjanjian Kerja Sama Amazon sejak 2009. Deforestasi yang semula telah menghabiskan 60% bagian Amazon di Brasil turun menjadi 33,6% dari Januari hingga Juni atau enam bulan pertama masa jabatan Lula yang kembali jadi presiden awal tahun ini.

Baca juga: Pesawat Jatuh di Amazon, Ibu 4 Anak Hilang Sempat Hidup Empat Hari

Penghancuran hutan hujan telah melonjak di bawah pendahulunya dari sayap kanan, Jair Bolsonaro (2019-2022), yang menghancurkan lebih dari 75% wilayah Amazon di Brasil. Lula mengatakan dia berencana untuk bekerja dengan para pemimpin negara yang memiliki bagian di Amazon.

Programnya meliputi penelitian tentang keanekaragaman hayati kawasan itu dan mencari cara untuk memungkinkan orang di sana bekerja tanpa merusak ekosistem yang rapuh. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat