visitaaponce.com

Brasil Mampu TekanLaju Deforestasi di Kawasan Hutan Amazon

Brasil Mampu Tekan Laju Deforestasi di Kawasan Hutan Amazon
Foto deforestasi akibat pembukaan lahan dengan cara dibakar di wilayah Labrea, Negara Bagian, Amazonas, Brasil.(Douglas Magno/AFP)

DEFORESTASI di kawasan hutan Amazon Brasil turun sepertiga dalam enam bulan pertama pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada Kamis (6/7), pemerintah Brasil melaporkan penurunan sebesar 33,6% tersebut didasarkan pada citra satelit yang diambil oleh Institut Penelitian Antariksa Nasional.

Mereka menyatakan bahwa dari Januari hingga Juni, seluas 2.649 kilometer persegi (1.020 mil persegi) hutan hujan telah ditebang.

Baca juga: Penambangan Ilegal Marak di Hutan Amazon Brasil

Angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan 3.988 kilometer persegi yang ditebang pada enam bulan pertama tahun 2022, ketika Presiden Jair Bolsonaro masih berkuasa sebagai presiden.

"Kami telah mencapai tren penurunan yang stabil dalam deforestasi di Amazon," kata Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva dalam sebuah konferensi pers.

Pada bulan Juni, penurunan deforestasi bahkan lebih jelas yakni 41% jika dibandingkan dengan Juni 2022.

Silva mengatakan bahwa hasil yang baik ini berasal dari kebijakan Lula dalam memerangi perubahan iklim dan deforestasi hutan hujan terbesar di dunia.

Baca juga: Brasil Lawan Tambang Ilegal di Wilayah Adat Yanomami

Selama periode kepemimpinan Bolsonaro dari tahun 2019 hingga 2022, deforestasi di Amazon melonjak 75 persen dibandingkan dengan rata-rata dekade sebelumnya.

Bulan lalu, Lula meluncurkan rencana ambisius untuk memerangi deforestasi ilegal di Amazon, beberapa hari setelah anggota parlemen oposisi di Kongres memenangkan pengesahan perubahan yang melucuti beberapa wewenang utama dari Kementerian Lingkungan Hidup Brasil.

Pemerintah Kuasai Lahan Gundul 

Pemerintahan Lula berjanji untuk menyita setengah dari seluruh lahan yang digunduli secara ilegal di wilayah-wilayah yang ditetapkan sebagai area perlindungan lingkungan hidup khusus.

Pemerintah juga menyisihkan tiga juta hektare (7,4 juta are) lahan yang dilindungi pada tahun 2027 dan memperkuat jaringan pemantauan lingkungan hidup di Brasil.

Baca juga: Keberanian dan Kecerdasan Kunci Anak-anak Bertahan Hidup di Hutan Amazon selama 40 Hari

"Pemerintah bertindak lagi, menerapkan hukum dan melindungi harta karun unik yaitu Amazon. Hal ini membuat angka deforestasi menurun," ujar Marcio Astrini, pemimpin kelompok lingkungan Climate Observatory.

Minta Bantuan Eropa untuk Lindungi Hutan Amazon

Lula juga telah mencoba membujuk negara-negara terkaya di dunia agar membiayai inisiatif yang dirancang untuk melindungi hutan Amazon, menambah upaya yang dilakukan oleh Norwegia dan Jerman melalui Amazon Fund.

Perlindungan lingkungan merupakan isu utama ketika blok perdagangan Amerika Selatan Mercosur menegosiasikan perjanjian perdagangan bebas yang telah lama tertunda dengan Uni Eropa.

Uni Eropa baru-baru ini mengajukan tuntutan baru kepada empat negara Mercosur untuk memerangi kejahatan lingkungan. (AFP/Fer/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat