visitaaponce.com

Kapolri Tiba di Labuan Bajo, Cek Kesiapan AMMTC 2023

Kapolri Tiba di Labuan Bajo, Cek Kesiapan AMMTC 2023
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berada di Labuan Bajo, NTT.(MI/Marianus Marselus)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama istri tiba di Bandara Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (18/8) siang. Di Bandara Komodo Kapolri disambut Kapolda NTT Irjen Jhony Asadoma dan Bupati Manggarai Barat Editasius Endi.

Kapolri Sigit berada di Labuan Bajo guna mengecek kesiapan venue yang akan digunakan dalam penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17, sekaligus memimpin pertemuan internasional tersebut yang akan digelar di Labuan Bajo, 20 hingga 23 Agustus mendatang. 

Sejumlah persiapan telah dilakukan, seperti kesiapan sejumlah venue dan keamanan. Polri telah menurunkan 619 personil untuk mengamankan sejumlah venue, mulai dari venue utama, sejumlah hotel yang menjadi lokasi akomodasi para delegasi negara peserta, hingga rekayasa lalu lintas dalam kota Labuan Bajo.. 

Baca juga: ASEAN-BAC Dukung Layanan Pembayaran Digital

"Personel yang kita siapkan adalah 619, baik itu dari Mabes Polri maupun dari Polda NTT, khususnya personel di Manggarai Barat. Venue yang digunakan untuk sementara ini adalah Meurorah kemudian di Ayana" jelas Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol Deonijiu De Fatima di Mahpolres Manggarai Barat,  Jumat (18/8).

Deonijiu mengatakan Polda NTT menjamin keamanan penyelenggaraan AMMTC 2023 di Labuan Bajo. Ia juga menjelaskan para kepala Kepolisian negara ASEAN dan delegasi mulai tiba di Labuan Bajo pada 19 dan 20 Agustus. 

Deonijiu menambahkan AMMTC akan dihadiri para kepala Kepolisian negara-negara ASEAN dan para menteri keamanan yang membawahi kepolisian. 

Baca juga: Dukung KTT ASEAN, ASN di Jakarta Mulai WFH 28 Agustus

"Yang hadir pertama bapak Kapolri, karena bapak Kapolri ketua pertemuan ini, kemudian pimpinan kepolisiannya langsung dan menteri yang membawahi langsung bidang keamanan kepolisian. Peserta rencana tiba tanggal 18, 19 dan 20 kemungkinan sore, hari ini sama besok" jelas Deonijiu.

Terpisah, Bupati Manggarai Barat Editasius Endi mengatakan menyambut baik AMMTC di gelar di Labuan Bajo. Editasius berharap pergelaran pertemuan internasional ini dapat memberi dampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo.

Bupati Editasius juga menyebut para delegasi AMMTC akan melakukan kegiatan penanaan pohon sebagai bentuk dukungan terhadap penurunan emisi di negara ASEAN.  

"Pa Kapolri, Pa Kapolda beserta para pejabat dari Mabes Polri sudah berada di Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan kita. Salah satu kegiatan mereka nanti itu menanam pohon, lokasinya daerah-daerah tandus, sudah berkoordinasi, fix tempatnya mudah-mudahan di satu dua hari kedepan" ungkap Bupati Editasius. 

ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime sendiri merupakan forum kerja sama lintas negara ASEAN untuk mencegah dan memberantas kejahatan transnasional.

AMMTC ke 17 di Labuan Bajo akan membahas sejumlah isu penting seperti terorisme, perdagangan orang, kejahatan dunia maya, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar dan kayu ilegal, perdagangan obat-obatan terlarang, pencucian uang, kejahatan ekonomi internasional, pembajakan laut, hingga penyelundupan manusia lintas negara.
 
AMMTC  akan diikuti oleh 10 menteri negara ASEAN beserta anggota delegasinya, delegasi dari tiga mitra dialog yaitu Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat