visitaaponce.com

Pemerintah Austria akan Ubah Rumah Kelahiran Hitler, Oktober Mendatang

Pemerintah Austria akan Ubah Rumah Kelahiran Hitler, Oktober Mendatang
Seseorang menunjuk rencana pengalihfungsian rumah tempat kelahiran Adolf Hitler di Austria.(AFP/JOE KLAMAR)

PROSES perubahan rumah kelahiran Adolf Hitler akan dilakukan sesuai rencana pada 2 Oktober mendatang. Hal itu diungkapkan Kementerian Dalam Negeri Austria, Senin (21/8), setelah sebuah film dokumenter menatangkan klaim baru mengenai wasiat pemimpin Nazi itu.

Setelah bertahun-tahun melewati perselisihan hukum, pemerintah Austria akan menubah rumah yang berada di Kota Braunau, tempat Hilter dilahirkan pada 1989, menjadi kantor polisi dan pusat pelatihan HAM.

Dalam upaya mencegah bangunan yang berada di perbatasan dengan Jerman itu menjadi tempat peziarahan kelompok neo-Nazi, pemerintah Austria mengambil alih bangunan itu pada 2016.

Baca juga : Film dari Iran dan Austria Kandidat Kuat Raih Trofi di Festival Film Berlin

"Konstruksi untuk pengalihan fungsi bangunan itu akan dimulai pada 2 Oktober 2023," ujar seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Austria.

"Semuanya berjalan sesuai rencana," lanjutnya.

Namun sutradara Austria Guenter Schwaiger, yang akan merilis film dokumenter tentang bangunan itu, akhir Agustus ini, menyebut rencana pemerintah Austria itu untuk rumah itu ternyata sejalan dengan wasiat Hitler.

Baca juga : Kronologi Arnold Schwarzenegger Tertahan Imigrasi Jerman karena Arloji

Schwaiger mengaku menemukan artikel di koran lokal pada 10 Mei 1939 yang menyebut Hitler menginginkan rumah kelahirannya dijadikan kantor pemerintah setempat.

Pengalihfungsian rumah itu menjadi kantor polisi merupakan perwujudan wasiat Hitler.

Pengalihan rumah seluas 800 meter persegi itu diperkirakan akan memakan biaya 20 juta euro dan diperkirakan akan selesai pada 2025.

Kantor polisi itu dijadwalkan siap beroperasi pada 2026. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat