visitaaponce.com

Jokowi akan jadi Pembicara dalam KTT BRICS

Jokowi akan jadi Pembicara dalam KTT BRICS
Presiden Joko Widodo tiba di Johannesburg, Afrika Selatan, untuk menghadiri KTT BRICS(Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi tiba di Johannesburg (23/8), dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Afrika Selatan, 22-24 Agustus 2023.

Presiden Mendarat dengan pesawat kepresidenan, rombongan Presiden RI disambut oleh sejumlah pejabat teras di Afrika Selatan dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, merangkap Botswana, Eswatini, dan Lesotho, Saud Purwanto Krisnawan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan presiden akan menjadi pembicara dalam KTT BRICS.

Baca juga : Menimbang Untung Rugi BRICS untuk Indonesia

"Bapak Presiden akan menjadi pembicara dalam KTT BRICS. Bapak Presiden berbicara sebagai Presiden Republik Indonesia dan juga dalam kapasitas sebagai Ketua ASEAN," ujar Bey, Kamis (24/8).

Mengutip keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri, kehadiran Presiden Jokowi di Afrika Selatan melengkapi kunjungannya di Benua Afrika, setelah sebelumnya mengunjungi tiga negara lainnya, yakni Kenya, Tanzania, dan Mozambique. 

Kunjungan itu merupakan kunjungan pertama Presiden RI ke negara beribukota Pretoria tersebut.

Serangkaian pertemuan bilateral direncanakan dengan beberapa negara seperti Democratic Republic of Congo, dan tuan rumah KTT BRICS, Afrika Selatan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat