visitaaponce.com

Narendra Modi dan Xi Jinping Selesaikan Sengketa Perbatasan India-Tiongkok

Narendra Modi dan Xi Jinping Selesaikan Sengketa Perbatasan India-Tiongkok
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan Presiden India Narendra Modi (kanan) pada KTT BRICS di Afrika Selatan.(AFP/Marco Longari)

PERDANA Menteri India Narendra Modi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu di sela KTT BRICS di Johannesburg, Afrika,  pada Kamis (24/8), dan sepakat untuk meminta pejabat mereka menyelesaikan sengketa perbatasan kedua negara.
 
"Dalam perbincangan dengan Presiden Xi Jinping di China, perdana menteri menyoroti kekhawatiran India atas masalah LAC yang belum terselesaikan," kata Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra dalam konferensi pers.
 
"Mengenai hal ini, kedua pemimpin setuju untuk menunjuk pejabat terkait untuk meningkatkan upaya pelepasan dan deeskalasi secepatnya," tambah dia.

Perseteruan mengenai perbatasan Himalaya sepanjang 3.000 kilometer, yang dikenal dengan Garis Kontrol Aktual (LAC), meletus pada Mei 2020, yang menimbulkan perselisihan.

Ribuan pasukan sudah dikerahkan dari kedua pihak di wilayah perbatasan dan menewaskan 24 orang.
 

Sebanyak 19 kali pembicaraan melibatkan diplomat dan pejabat militer diadakan untuk menyelesaikan kebuntuan, namun belum menghasilkan terobosan.
 
"PM Modi berpesan bahwa menjaga kedamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan, dan mengawasi serta menghormati LAC penting untuk normalisasi hubungan India-Tiongkok," ujar Menlu Kwatra.
 
Kedua kepala pemimpin juga telah mengadakan pertemuan di sela KTT G-20 di Indonesia tahun lalu. (Anadolu/Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat