visitaaponce.com

Idalia Semakin Menguat, Florida Siaga Menghadapi Badai Mematikan

Idalia Semakin Menguat, Florida Siaga Menghadapi Badai Mematikan
Pemasangan pagar anti air untuk menahan air di Tampa, Florida.(AFP)

BADAI Idalia semakin menguat pada Selasa (29/8), saat mengarah ke pantai barat Florida. Kondisi itu memicu perintah evakuasi massal dan peringatan banjir, serta potensi gelombang laut yang mematikan saat badai menerjang pantai awal Rabu.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) mengumumkan Idalia, yang sebelumnya melanda bagian barat Kuba, telah mencapai status badai Kategori 2 dengan kecepatan angin mencapai 100 mil per jam (161 kilometer per jam). Saat ini sedang melanda pulau-pulau terluar di Kepulauan Florida.

"Suhu hangat di Teluk Meksiko diharapkan akan semakin memperkuat Idalia menjadi badai siklon utama yang sangat berbahaya sebelum mendarat pada hari Rabu," demikian pernyataan NHC.

Baca juga: Badai Tropis Idalia Menguat dan Ancam Kuba serta AS

"Jumlah orang yang bisa bertahan di hadapan gelombang badai utama sangat sedikit, dan badai ini dapat berakibat fatal jika kita tidak segera menghindar dan menganggapnya dengan serius," ungkap Kepala Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), Deanne Criswell.

Badai siklon utama merujuk pada Badai Kategori 3 atau lebih tinggi dalam skala lima tingkat Saffir-Simpson, dengan kecepatan angin melebihi 110 mil per jam yang menurut NHC dapat "menyebabkan kerusakan dahsyat."

Baca juga: Polusi Udara Lebih Mengancam Kesehatan daripada Rokok atau Alkohol

Di kota pesisir kecil Steinhatchee, seorang penduduk bernama Robert Bryant tengah melakukan persiapan terakhir untuk mengungsi ke pedalaman, bersama dua kucing dan seekor anjingnya. "Kami berada di tepi air, jadi kami akan menjadi yang paling terkena dampaknya," kata mahasiswa berusia 18 tahun tersebut, yang rumahnya dibangun di atas tiang dekat muara sungai.

"Semoga saja, ini hanya berlalu begitu saja dan kami hanya akan merasakan sedikit angin... tapi kita harus siap menghadapi yang terburuk dan berharap yang terbaik," ujarnya kepada AFP.

Kota terdekat, Tampa, yang merupakan bagian dari area metropolitan dengan lebih dari tiga juta penduduk, menjadi perhatian khusus otoritas. "Ada bahaya gelombang laut yang membahayakan jiwa di sepanjang sebagian pantai Gulf Coast Florida mulai dari Teluk Tampa hingga wilayah Big Bend," kata Matthew Payne dari Kantor Respons dan Pemulihan FEMA.

Segera Evakuasi

Gubernur Florida, Ron DeSantis, mendesak warga di daerah evakuasi di sepanjang pantai Gulf untuk segera mengungsi. "Anda tidak perlu pergi jauh-jauh," ujarnya dalam konferensi pers.

Hampir 150 orang tewas akibat Badai Siklon Ian, tahun lalu, yang menerjang pantai barat Florida. Badai dengan kategori 4 itu menghancurkan, membawa gelombang laut, dan angin kencang yang merusak jembatan dan meluluhlantakkan bangunan.

Diperkirakan Idalia akan mendarat lebih jauh di utara pantai, di area yang disebut sebagai wilayah Big Bend -- suatu daerah rawa luas yang, berbeda dari sebagian besar area pantai lain di sekitar Florida, tidak memiliki pulau penghalang.

"Badai ini diperkirakan akan menyebabkan curah hujan hingga 12 inci (30 sentimeter) di sebagian wilayah Pegangan Florida, berpotensi memicu banjir kilat dan banjir perkotaan, serta tornado juga mungkin terjadi di sepanjang pantai barat tengah Florida hingga Selasa malam," pernyataan NHC.

"Kami belum benar-benar mengalami badai yang melanda area ini dalam waktu yang lama," kata DeSantis kepada wartawan.

NHC mengungkapkan keyakinan Idalia akan "mencapai pantai Big Bend Florida pada Rabu pagi."

Presiden AS, Joe Biden, berbicara dengan DeSantis pada hari Senin dan menyetujui deklarasi darurat untuk negara bagian tersebut, yang membuka akses dana dan sumber daya federal.

Biden mengungkapkan keprihatinannya terkait gelombang badai yang mengancam dan mengatakan  pihak berwenang federal sedang memonitor Idalia setiap jam. "Kami akan memastikan mereka mendapatkan segala yang mereka butuhkan," ujarnya.

Bandara Internasional Tampa ditutup menjelang kedatangan Idalia, sementara penerbangan terganggu di sepanjang Pantai Timur AS karena badai siklon lainnya, Franklin, berputar di Samudra Atlantik.

Gelombang Panas Laut

Georgia dan Carolina Selatan juga dalam status peringatan badai karena diperkirakan Idalia akan melintasi bagian timur laut Florida sebelum melaju ke Samudra Atlantik.
"Ketiga negara bagian ini bisa mengalami banjir pada hari Rabu atau Kamis, dan Idalia kemungkinan akan tetap mempertahankan status badai siklon di wilayah Georgia," kata NHC.

Di Kuba, badai ini menyebabkan banjir di beberapa komunitas termasuk sebagian wilayah ibu kota Havana dan memutus pasokan listrik bagi sekitar 200.000 orang. Tidak ada laporan korban jiwa.

"Kita sekarang harus bekerja dengan giat untuk mengembalikan pasokan listrik, komunikasi, dan mengorganisir distribusi makanan," kata Presiden Miguel Diaz-Canel.

Setelah melewati bagian barat Kuba, badai ini bergerak ke arah Teluk, yang menurut para ilmuwan mengalami "gelombang panas laut" -- yang memberikan energi pada angin Idalia saat bergerak menuju Florida.

Para ilmuwan telah mengingatkan bahwa badai semakin kuat seiring dengan pemanasan global akibat perubahan iklim. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat