visitaaponce.com

Kebakaran Hutan di Yunani Terbesar di Eropa

Kebakaran Hutan di Yunani Terbesar di Eropa
Uni Eropa memberikan bantuan pesawat dan helikopter untuk membantu Yunani memadamkan kebakaran hutan.(AFP)

YUNANI masih berjuang melawan kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah Uni Eropa (UE). Kebakaran dahsyat ini mendorong blok itu mengerahkan hampir separuh kekuatan pemadam kebakaran untuk membantu Yunani.

"Sebelas pesawat dan satu helikopter dari armada UE telah dikirim untuk membantu Yunani melawan kobaran api di Taman Nasional Dadia. Itu disertai 407 petugas pemadam," kata Juru Bicara UE Balazs Ujvari.

Dinas pemadam kebakaran Yunani mengatakan api berkobar di luar kendali di area cagar alam, tempat perlindungan utama bagi burung pemangsa (bird of prey). Titik api di area ini berkecamuk di wilayah seluas hampir sembilan kilometer.

Baca juga: Kemenlu: Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Kebakaran di Yunani

Saat ini Uni Eropa memiliki akses terhadap armada kolektif yang terdiri dari 28 pesawat, 24 tipe penyiram air dan empat helikopter yang dipasok dari negara-negara anggota.

Armada ini dikerahkan untuk membantu memadamkan api di wilayah blok Eropa dan beberapa negara tetangga. UE sedang berusaha membuat sayap udara mandiri yang terdiri dari 12 pesawat, yang dijadwalkan beroperasi penuh pada 2030.

Baca juga: 20 Orang Tewas, Penduduk Athena Dievakuasi

"Kami tahu bahwa kebakaran semakin parah. Jika Anda melihat angka-angka setiap tahun dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat tren yang kurang menguntungkan, dan tentu saja hal ini memerlukan peningkatan kapasitas di negara-negara anggota," ujarnya.

Yunani dilanda banyak kebakaran sepanjang musim panas ini, yang oleh pemerintahnya dikaitkan dengan dampak buruk perubahan iklim. "Pengerahan udara UE menggarisbawahi komitmen kami terhadap tindakan kolektif yang cepat dan efektif di saat krisis," kata Komisaris UE untuk Manajemen Krisis Janez Lenarcic.

Sementara itu, dinas pemadam kebakaran Yunani telah menangkap dua pria pada Sabtu pekan kemarin karena diduga sengaja menyalakan api. Pada waktu bersamaan, ratusan petugas pemadam kebakaran di Yunani terus berjuang memadamkan kebakaran hutan yang telah menewaskan setidaknya 21 orang pekan lalu.

Seorang pria yang ditangkap di Pulau Evia dan dituduh membakar rumput kering. Dinas pemadam kebakaran mengatakan pria tersebut mengaku telah memicu empat kebakaran lainnya di daerah tersebut pada Juli dan Agustus. (AFP/Z-3)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat