visitaaponce.com

Korea Utara Meluncurkan Dua Rudal Balistik Jarak Pendek

Korea Utara Meluncurkan Dua Rudal Balistik Jarak Pendek
Latihan militer AS dan Korea Selatan telah memicu Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek sebagai latihan serangan nuklir.(AFP)

KOREA Utara mengumumkan mereka baru-baru ini meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek sebagai bagian dari latihan serangan nuklir taktis. Langkah ini disebabkan latihan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Peluncuran rudal tersebut, yang pertama kali dilaporkan militer Korea Selatan, terjadi selama pelaksanaan latihan tahunan Ulchi Freedom Shield oleh Washington dan Seoul, yang selalu memicu kemarahan Pyongyang.

Pasukan Korea Utara menyatakan rudal-rudal tersebut ditembakkan pada Rabu (30/8) malam dalam latihan serangan nuklir taktis yang mensimulasikan serangan tanah hangus pada pusat-pusat komando utama dan lapangan udara operasional di sepanjang perbatasan dengan Korea Selatan.

Baca juga: Korea Utara Kembali Gagal Luncurkan Satelit Mata-mata

Rudal balistik taktis ini ditembakkan menuju Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang, tepat sebelum tengah malam. Menurut agensi berita Yonhap dari Korea Selatan, militer Seoul melaporkan hal ini.

"Pelatihan ini bertujuan untuk mengirim pesan jelas kepada pihak lawan," begitu bunyi pernyataan militer tersebut yang disampaikan oleh Kantor Berita Pusat Korea.

Baca juga: Kim Jong-un Saksikan Uji Coba Rudal Jelajah

Pada tahun ini, Korea Utara telah mengadakan sejumlah uji coba senjata yang mengesankan. Korea Utara juga telah menggelar latihan militer tingkat komando mereka sendiri pada hari Selasa sebagai tanggapan terhadap latihan Amerika Serikat dan Korea Selatan. Pada saat itu, pemimpin negara, Kim Jong Un, mengunjungi pos komando pelatihan, seperti yang dilaporkan oleh KCNA.

KCNA melaporkan latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan sepenuhnya semua perwira komando dan staf di seluruh angkatan darat agar siap menghadapi perang.

Di pihak lain, Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan militer di selatan perbatasan tetap dalam posisi kesiapsiagaan penuh dengan kerja sama yang erat bersama Amerika Serikat.

Latihan udara gabungan melibatkan setidaknya satu pembom strategis B-1B Amerika Serikat yang terbang di atas Semenanjung Korea, menurut Yonhap. Detail ini tampaknya sangat mengganggu Pyongyang.

Korea Utara menyebut penerbangan di atas wilayah mereka sebagai ancaman serius dan sesuai dengan skenario serangan nuklir pre-emptive terhadap DPRK, akronim resmi untuk Korea Utara.

Kekuatan Nuklir 

Juru bicara keamanan nasional Amerika Serikat, John Kirby, yang sedang memberikan pengarahan ketika berita tentang peluncuran ini muncul, menolak berkomentar kepada para wartawan di Washington.

Pada Selasa (29/8), Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang juga mengadakan latihan pertahanan rudal laut tiga negara yang membuat geram Korea Utara. Sebagai tanggapan terhadap provokasi rudal yang semakin meningkat dari Korea Utara, Washington, Seoul, dan Tokyo telah memperkuat kerja sama pertahanan mereka dalam beberapa bulan terakhir.

Pekan lalu, Pyongyang melakukan upaya kedua untuk meletakkan satelit mata-mata ke dalam orbit, meskipun akhirnya berakhir dengan kegagalan. Kim telah menyatakan Korea Utara sebagai kekuatan nuklir yang tidak dapat dibatalkan dan telah memanggil untuk meningkatkan produksi senjata, termasuk senjata nuklir taktis.

"Dia juga telah meminta untuk meningkatkan angkatan laut Korea Utara, dengan menyatakan bahwa perairan negaranya penuh dengan bahaya perang nuklir," seperti yang dilaporkan media resmi.

KCNA mengutip Kim yang mengatakan, "Akibat langkah-langkah konfrontatif yang tidak masuk akal dari AS dan kekuatan musuh lainnya, perairan di sekitar Semenanjung Korea telah berubah menjadi tempat konsentrasi perang dunia terbesar." 

"Untuk mencapai kesuksesan dalam pengembangan angkatan laut dengan cepat, menjadi isu yang sangat mendesak mengingat upaya agresif baru dari para musuh." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat