visitaaponce.com

Jadi Presiden, PM Lee Sanjung Tharman

Jadi Presiden, PM Lee Sanjung Tharman
PM Singapura Lee Hsien Loong yakin Tharman Shanmugaratnam akan menjalankan tugasnya sebagai Presiden ke-9.(AFP)

PERDANA Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menyampaikan selamat kepada mantan menteri seniornya, Tharman Shanmugaratnam. Tharman meraih 70,4% suara dalam pemilihan presiden Jumat (1/9).

Dia sangat yakin Tharman akan menjalankan tugasnya sebagai presiden ke-9 dengan baik. Terlebih Tharman memiliki rekam jejak pelayanan publik yang panjang dan baik.

Lee menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa dia menelepon Tharman untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dan meyakinkannya akan kerja sama penuh dari pemerintahnya. “Tuan Thaman juga telah menyatakan niatnya untuk bekerja sama dengan pemerintah,” jelasnya.

Baca juga: 2,7 Juta Pemilih Singapura Tentukan Presiden Baru

"Sebagai kepala negara, Tharman akan mewakili Singapura di dalam dan luar negeri, dan menjalankan kekuasaan kustodian, termasuk mengenai cadangan anggaran dan penunjukan posisi penting," kata Lee.

Berterima kasih kepada ketiga calon presiden yang telah mencalonkan diri dalam pemilu, ia menambahkan sangat senang bahwa masyarakat Singapura dapat menggunakan hak untuk memilih presiden dan untuk fokus pada presiden terpilih.

Baca juga: Tharman Shanmugaratnam Jadi Presiden Ke-9 Singapura

"Dalam pemilu kali ini, baik pemilih maupun kandidat telah menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai peran dan tugas presiden, dan hal ini menjadi pertanda baik bagi Singapura,” paparnya.

Tharman mengalahkan kandidat lainnya, Ng Kok Song, yang memperoleh 15,72% suara, dan Tan Kin Lian, yang memperoleh 13,88%.

Lee mengatakan bahwa sebagai kepala negara, presiden harus menjadi sosok pemersatu yang dapat dihormati dan diidentifikasi oleh seluruh warga Singapura.

“Dia harus menjalankan kekuasaannya berdasarkan Konstitusi dengan bijaksana, berdasarkan pengalaman dan penilaian independennya,” katanya.

Di dunia internasional, presiden harus mengibarkan bendera negaranya tinggi-tinggi sebagai wakil Singapura. Secara terpisah, Lee berterima kasih kepada para pejabat pemilu atas kerja keras mereka, sehingga pemilu presiden dapat berjalan lancar dan sukses.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemilih, baik di dalam maupun di luar negeri, karena telah menjalankan tugas sebagai warga negara,” ujarnya.

“Sekarang setelah pemilu selesai, mari kita bersatu kembali sebagai warga Singapura, untuk mengatasi tantangan ke depan dan membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu.” (Straits Times/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat