visitaaponce.com

Jokowi Senang Kegiatan Ekonomi dengan Papua Nugini sudah Meningkat

Jokowi Senang Kegiatan Ekonomi dengan Papua Nugini sudah Meningkat
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Papua Nugini James Marape(AFP)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape di sela-sela rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9). 

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengaku senang karena saat ini kegiatan perekomian kedua negara semakin meningkat setelah dibukanya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw-Wutung serta penerbangan langsung dari Port Moresby di PNG menuju Denpasar, Bali.

"Saya gembira karena aktivitas perekonomian kembali meningkat sejak dibukanya perbatasan Skouw-Wutung," ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Hadiri Empat Pertemuan Bilateral di Sela-sela KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir

Bagi kepala Negara, PNG adalah simbol dari keteguhan dan bagian dari integritas keutuhan wilayah. Ia berharap kedua negara bisa terus memperkuat kerja sama dan saling membangun kawasan.

Dalam kesempatan yang sama, PM Marape menyampaikan terima kasih kepada Indonesia karena telah menerima dirinya dan seluruh delegasi PNG di Jakarta di tengah kesibukan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN. Ia berharap kemitraan ASEAN dan PNG semakin kokoh.

Baca juga: AS Beri Dukungan Nyata terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific

"Oleh karena itu, saya ingin menghargai persahabatan erat anda, kemitraan anda, dan hubungan personal dengan Papua Nugini agar makin menjadi kuat dan kokoh," ucapnya.

PM Marabe menyampaikan dukungannya pada Indonesia yang juga menjadi bagian G-20. PM Marabe menyayangkan dirinya tidak bisa hadir dalam penutupan KTT ASEAN kali ini karena harus bertolak ke Prancis. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat