visitaaponce.com

Presiden ASEAN-India Harus Perkuat Kerja Sama di Sektor Maritim

Presiden: ASEAN-India Harus Perkuat Kerja Sama di Sektor Maritim
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan PM India Narendra Modi.(AFP)

Presiden Joko Widodo mengajak India berkolaborasi bersama ASEAN menangani kejahatan maritim serta mendorong penguatan ekonomi biru di masa mendatang. Ajakan tersebut disampaikan Kepala Negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-India, yang merupakan bagian dari rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Senayan, Jakarta.

"Potensi kerja sama tersebut bisa kita dorong menuju ekonomi biru, ketahanan pangan, konektivitas maritim, dan sumber daya energi laut yang berkelanjutan," ujar Jokowi di Senayan, Jakarta, Kamis (7/9).

"Kejahatan maritim juga harus kita tanggulangi seperti perompakan, penyelundupan manusia, narkoba, dan juga Illegal Unregulated Unreported Fishing (IUUF) atau penangkapan ikan ilegal," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Senang Kegiatan Ekonomi dengan Papua Nugini sudah Meningkat

Jokowi juga menekankan bahwa ASEAN dan India harus menjadikan lautan sebagai sea of corporation, bukan a sea of confrontation. Perairan kedua belah pihak yang saling bersinggungan harus terus dijaga kedamaian dan stabilitasnya dengan menghormati hukum internasional. 

"Kedua belah pihak harus mendorong kerja sama dan membangun arstitektur kawasan yang inklusif. Ini adalah kunci untuk mewujudkan kawasan yang mampu jadi epicentrum of growth," jelas mantan wali kota Surakarta itu.

Baca juga: Presiden: Republik Korea Mitra Masa Depan ASEAN

Selain itu Jokowi sangat menghargai kehadiran Perdana Menteri India Narendra Modi di tengah persiapan KTT G20 India. Kerja sama ASEAN dan India selama ini memang telah memberi manfaat nyata bagi rakyat.

"Namun kolaborasi ini masih perlu terus kita optimalkan, apa lagi kita lihat potensi besar Samudera Hindia yang menghubungkan 33 negara dengan 2,9 miliar jiwa dan seperlima GDP dunia di 2025," tandas Jokowi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat