visitaaponce.com

Arab Saudi Luncurkan Jembatan Udara Bantu Korban Gempa Maroko

Arab Saudi Luncurkan Jembatan Udara Bantu Korban Gempa Maroko
Seorang pria mengamati reruntuhan rumah-rumah di Imi N'Tala, Maroko, Minggu (10/9).(AFP/MATIAS CHIOFALO)

ARAB Saudi memutuskan meluncurkan jembatan udara untuk menyediakan bantuan kepada Maroko menyusul gempa dahsyat pada Jumat (8/9) yang menyebabkan lebih dari dua ribu orang tewas.

Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengarahkan Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman untuk mengoperasikan jembatan udara menyediakan beberapa bantuan kemanusiaan guna mengurangi dampak gempa bumi terhadap saudara rakyat Maroko," demikian keterangan Kantor Berita Saudi (SPA) seperti dilansir dari Antara.

Riyadh juga akan mengirimkan kru pencarian dan penyelamatan untuk bergabung dengan kegiatan penyelamatan dan kemanusiaan membantu masyarakat yang terdampak gempa, menurut Abdullah al-Rabeeah, pengawas umum Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman.

Baca juga: Maroko Nyatakan Tiga Hari Berkabung bagi Korban Gempa

Selain Arab Saudi, beberapa negara Arab lainnya telah mengirimkan bantuan kepada Maroko, termasuk Oman, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Bahrain.

Baca juga: Penyelamat Asing Bergabung dalam Upaya Darurat Pascagempa Bumi di Maroko

Setidaknya 2.122 orang tewas dan 2.421 mengalami cedera saat gempa berkekuatan magnitudo 7 itu. Menurut Institut Geofisika Nasional Maroko, gempa tersebut merupakan yang terkuat yang melanda negara Afrika Utara tersebut dalam satu abad terakhir. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat