visitaaponce.com

5 Orang Tewas Akibat Tornado, Tiongkok Kembali Peringatkan Cuaca Ekstrem

5 Orang Tewas Akibat Tornado, Tiongkok Kembali Peringatkan Cuaca Ekstrem
Tornado di Tiongkok bikin 5 warga sipil tewas(Unsplash)

TIONGKOK kembali memperingatkan akan adanya cuaca ekstrem yang melanda negara ini. Padahal, terjangan angin puting beliung di Kota Suqian bagian timur telah memakan sedikitnya lima orang tewas dan melukai empat orang lainnya.

Dilaporkan tornado menghantam Suqian di Provinsi Jiangsu pada Selasa (19/9) sore. Stasiun televisi pemerintah CCTV menyebut kondisi ini adalah kejadian terbaru dari serangkaian peristiwa cuaca ekstrem yang melanda negara tersebut.

Meskipun Tornado tersebut berlangsung singkat namun gambar-gambar yang beredar di media sosial menunjukkan mobil-mobil yang terbalik, kabel listrik dan pepohonan yang tergeletak di jalan, serta atap-atap rumah dalam kondisi hancur berantakan.

Baca juga: Joe Biden Kunjungi Reruntuhan Tornado di Mississippi

"Saya berada di depan pintu dan menyaksikan angin, perangkat energi surya dan pepohonan beterbangan di udara," tulis seorang pengguna di platform media sosial Weibo.

"Selama dua menit, saya tercengang,” ujarnya.

Media pemerintah mengatakan lebih dari 5.500 orang terkena dampak angin puting beliung dan 1.800 rumah rusak atau hancur.

Angin kencang dan hujan lebat juga menghancurkan ladang-ladang tanaman.

Peringatan cuaca juga dikeluarkan pada Rabu (20/9) untuk wilayah barat daya Chongqing, beberapa daerah di barat daya Guizhou, Hunan selatan, Anhui timur dan Hubei tengah.

Diketahui Tiongkok mengalami hujan lebat dan suhu panas yang memecahkan rekor dan bersejarah selama berminggu-minggu pada musim panas ini. Terkait kondisi itu, para ilmuwan mengatakan bahwa cuaca yang tidak menentu ini diperparah oleh perubahan iklim.

Seluruh desa di Jiangsu rata dengan tanah dan setidaknya 98 orang tewas pada tahun 2016 setelah wilayah ini dilanda badai dengan angin berkekuatan topan dan angin puting beliung terburuk dalam setengah abad terakhir. (aljazeera/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat