visitaaponce.com

Serangan Udara Turki Sasar PKK di Kurdistan Irak

Serangan Udara Turki Sasar PKK di Kurdistan Irak
Kementerian Pertahanan Turki mengakui operasi udara di utara Irak yang menyasar pejuang Kurdistan Workers' Party (PKK).(AFP)

TURKI melakukan serangan udara terhadap beberapa lokasi di wilayah Kurdistan Irak, Minggu. Ankara mengonfirmasi telah menyerang 20 sasaran yang diduga digunakan pejuang Kurdistan Workers' Party (PKK).

"Pesawat militer Turki melakukan pengeboman pada bagian-bagian... wilayah Bradost sekitar pukul 21:20 malam (1820 GMT), serta desa Badran," ujar Ihsan Chelabi, walikota kota Sidakan yang berdekatan dengan perbatasan Turki dan Iran, kepada AFP.

Kementerian Pertahanan Turki mengakui operasi udara di utara Irak dengan tujuan menetralisir PKK, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Ankara dan sekutu-sekutunya di Barat.

Baca juga: Jantung Kota Turki Diguncang Bom Bunuh Diri

"Operasi udara dilaksanakan di wilayah Metina, Hakurk, Qandil, dan Gara, di utara Irak, pada tanggal 1 Oktober pukul 21.00," demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Turki. 

Mereka menjelaskan operasi tersebut dilakukan untuk menetralisir PKK dan unsur-unsur teroris lainnya, mencegah serangan teroris yang berasal dari utara Irak terhadap penduduk dan aparat keamanan kami, serta menjaga keamanan perbatasan kami.

Baca juga: Turki Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi dalam 20 Tahun

Kementerian tersebut juga mengklaim 20 sasaran yang digunakan oleh teroris berhasil dihancurkan dalam operasi tersebut. Serangan-serangan ini terjadi setelah serangan bom bunuh diri PKK di Ankara yang menargetkan markas polisi di pusat ibu kota, mengakibatkan dua orang terluka.

Media Kurdistan Rudaw melaporkan adanya serangan udara di kawasan Gunung Qandil, yang secara tradisional dianggap sebagai basis kuat PKK dekat perbatasan dengan Iran.

Pemerintah otonom Kurdistan Irak, yang menjalin hubungan dekat dengan pihak berwenang Turki, mengutuk "serangan teroris" di Ankara, sambil menyatakan bahwa "terorisme dan kekerasan merupakan ancaman serius terhadap perdamaian dan stabilitas regional."

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Irak di Baghdad juga mengutuk ledakan teroris tersebut. Militer Turki secara rutin melancarkan operasi darat dan udara melawan pejuang PKK serta posisi-posisi mereka di utara Irak, termasuk di wilayah Kurdistan otonom dan di kawasan berbukit Sinjar.

Dalam 25 tahun terakhir, Turki telah mendirikan puluhan pangkalan militer di Kurdistan Irak untuk mengatasi kelompok tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat