visitaaponce.com

Kemenlu Fokus Indonesia Hentikan Kekerasan di Palestina

Kemenlu: Fokus Indonesia Hentikan Kekerasan di Palestina
Juru Bicara Kemenlu Lalu Muhamad Iqbal menyatakan fokus Indonesia saat ini pada situasi kemanusiaan dan menghentikan kekerasan.(AFP)

PEMERINTAH Indonesia mendorong diakhirinya kekerasan bersenjata di wilayah Palestina. Fokus lain dari negara yang mendukung kemerdekaan Palestina itu menyelamatkan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Gaza.

"Fokus pemerintah Indonesia saat ini adalah situasi kemanusiaan, khususnya bagaimana mendorong upaya menghentikan eskalasi kekerasan dan menghindari jatuhnya lebih banyak korban sipil," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal dalam pernyataannya, Selasa (10/10).

Menurut dia Indonesia terus berkomunikasi dengan sejumlah negara dan organisasi internasional dalam rangka mengupayakan penghentian kekerasan. Pada Senin (9/10), Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi juga membahas hal ini dengan Brasil yang saat ini sedang menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB.

Baca juga: Indonesia Minta WNI di Palestina dan Israel Segera Angkat Kaki

Terkait dengan kondisi WNI, kata dia, pemerintah Indonesia telah menyusun rencana kontigensi evakuasi WNI dengan beberapa skenario situasi. Saat ini pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman, KBRI Beirut dan KBRI Kairo sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak.

"Itu untuk mengevakuasi WNI yang berada di wilayah Palestina, khususnya 10 orang WNI yang berada di Jalur Gaza," pungkasnya.

Baca juga: Penyanderaan Buat Israel Tak Leluasa Serang Gaza

Perang meletus di Gaza, Palestina, setelah Hamas melancarkan serangan mengejutkan ke Israel pada Sabtu (7/10). Itu dijadikan dalih Israel untuk melakukan serangan besar-besaran ke daerah yang menjadi panggung kekejaman Negeri Zionis tersebut.

Hingga hari ketiga pembalasan Israel, ribuan warga Palestina menjadi sasaran empuk peluru dan rudal negeri yang dipimpin Benjamin Netanyahu itu. Usai sekitar 700 warganya tewas dan balas dendan Israel telah merenggut nyawa 600 penduduk Palestina. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat