visitaaponce.com

Uni Eropa Peringati X karena Sebarkan Misinformasi Pascaserangan Hamas ke Israel

Uni Eropa Peringati X karena Sebarkan Misinformasi Pascaserangan Hamas ke Israel
Foto kombinasi yang menampilkan Elon Musk dan logo platform media sosialnya, X.(AFP/Alain JOCARD)

KEPALA Digital Uni Eropa Thiery Breton, Selasa (10/10), memperingatkan Elon Musk bahwa platform media sosial miliknya, X, menyebarkan konten ilegal dan mininformasi.

Breton menyebabkan hal itu semakin memuncak setelah Hamas melancarkan serangan Israel dan dia menuntut Musk menanggapi peringatannya dalam tempo 24 dan dan segera menghubungi pihak penegak hukum yang berwenang.

Sebagai komisioner Uni Eropa yang bertugas mengawasi industri dan ekonomi digital, Breton bertugas mengatur platform internet yang melakukan aktivitas di kawasan Eropa dan berhak mengambil langkah hukum.

Baca juga: Biden Sebut Serangan Hamas ke Israel Tindakan iblis

"Selepas serangan teroris yang dilakukan Hamas terhadap Israel, kami melihat indikasi platform Anda digunakan untuk menyebarkan kontek ilegal dan misinformasi di Uni Eropa," kata Breton dalam surat kepada Musk.

Breton mengingatkan Musk bahwa Uni Eropa memiliki aturan tegas mengenai moderasi konten, terutama menyangkut konten kekerasan dan terorisme.

Dia meminta X memberikan tanggapan dalam tempo 24 jam dan segera menghubungi Europol, polisi Uni Eropa.

Baca juga: Israel Ancam Hancurkan Konvoi Pembawa Bantuan ke Gaza

"Kami akan mencantumkan jawaban Anda dalam penilaian terkait kepatuhan Anda terhadap DSA," kata Breton mengacu pada Undang-Undang Layanan Digital Uni Eropa (DSA).

"Saya mengingatkan Anda bahwa jika sampai kami menggelar penyelidikan dan Anda terbukti tidak patuh, akan ada penalti yang dijatuhkan," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat