visitaaponce.com

Biden Ingatkan Israel Agar Patuhi Aturan Perang

Biden Ingatkan Israel Agar Patuhi Aturan Perang
Presiden AS Joe Biden(AFP/Brendan SMIALOWSKI)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Rabu (11/10), mengingatkan Presiden Israel Benjamin Netanyahu agar mematuhi aturan perang setelah Nwtanyahu berjanji akan menghancurkan Hamas dari muka Bumi pascaserangan kelompok militan itu ke 'Negeri Zionis' itu.

Presiden berusia 80 tahun yang telah mengirimkan kapal induk AS ke kasawan Timur Tengah sebagai bentuk dukungan untuk Israel, juga mengeluarkan peringatan kepada Iran agar tidak membantu Hamas.

Biden dalam pertemuan dengan komunitas Yahudi di Gedung Putijh menyebut serangan terhadap Israel yang menewaskan 1.200 orang merupakan yang paling mematikan terhadap umat Yahudi sejak Holocaust.

Baca juga: Liga Arab Kecam Blokade Israel terhadap Gaza

Namun, saat Israel melancarkan serangan balasan dengan meluncurkan gempuran ke Jalur Gaza, yang dilaporkan telah menewaskan lebih dari 1.000 orang, Biden mengatakan dia telah berbicara dengan Netanyahu pada Rabu (11/10).

Presiden AS itu mengatakan dirinya telah mengenal Netanyahu selama 40 tahun dan kedua memiliki hubungan yang jujur.

"Satu hal yang saya tekankan kepada dirinya adalah sangat penting bagi Israel, di tengah amarah dan frustasi, untuk tidak melanggar aturan perang," tegas Biden.

Baca juga: 11 Staf dan 30 Murid di Sekolah PBB di Gaza Tewas Akibat Gempuran Israel

Pernyataan itu merupakan kali pertama Biden meminta Israel menahan diri sebagai balasan atas serangan Hamas, yang disebut presiden AS itu sebagai aksi iblis.

Netanyahu, sebelumnya, bersumpah akan menghancurkan total Hamas.

"Semua anggota Hamas akan mati," seru pemimpin sayap kanan Israel itu. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat