visitaaponce.com

Amerika Serikat Minta Negara Mitra untuk Membujuk Hamas Mundur

Amerika Serikat Minta Negara Mitra untuk Membujuk Hamas Mundur
Asap mengepul selama serangan udara Israel di Kota Gaza pada 12 Oktober 2023 saat pertempuran sengit antara Israel dan gerakan Hamas.(AFP/Ibrahim Hams.)

AMERIKA Serikat mendorong mitra internasionalnya untuk menggunakan pengaruh mereka di Hamas dan para pendukungnya di Iran untuk membuat kelompok militan tersebut mundur setelah serangan mereka terhadap Israel. Ini dikatakan seorang pejabat senior AS pada Kamis (12/10).

Komentar itu muncul ketika Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Kamis berangkat ke Israel untuk kunjungan solidaritas sebelum singgah di Yordania dan kemungkinan negara-negara lain di kawasan itu. Seorang pejabat senior yang bepergian bersama Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak mempermasalahkan laporan pembicaraan antara Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

"Sejujurnya, kami meminta semua mitra untuk terlibat dengan Hamas, Hizbullah, atau Iran. Ini terkait tiga hal terkait saluran atau hubungan atau apa pun yang Anda miliki untuk membuat Hamas mundur dari serangannya, membebaskan para sandera, mengusir Hizbullah, dan menjaga agar Iran tidak ikut campur," kata pejabat itu ketika berhenti mengisi bahan bakar di Irlandia.

Baca juga: Pangeran Saudi dan Presiden Iran Bahas Perang Israel-Hamas

Pejabat AS lain mengonfirmasi bahwa Blinken akan mengunjungi negara-negara lain di kawasan setelah pengumuman perjalanan ke Israel dan Yordania tetapi tidak mengatakan negaranya. 

Iran secara terbuka mendukung Hamas dan memuji serangan militan tersebut terhadap Israel pada Sabtu.

Baca juga: Hizbullah Akui Mereka Tembakkan Rudal dari Libanon ke Israel

Blinken dan pejabat AS lain mengatakan bahwa Hamas bertahan dengan dukungan Iran tetapi tidak ada bukti bahwa Teheran mengarahkan serangan terhadap Israel. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat