visitaaponce.com

PBB Minta Israel Taati Aturan Perang

PBB Minta Israel Taati Aturan Perang
Ilustrasi(AFP)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menegaskan bahwa seluruh pihak yang terlibat dalam perang Israel-kelompok pejuang Palestina, Hamas, untuk menghormati hak asasi manusia (HAM). Dia menekankan bahwa bahkan perang pun memiliki aturan dan memperingatkan Israel untuk tidak menggunakan sandera sebagai tameng manusia.

“Situasi di Gaza telah mencapai titik terendah baru yang berbahaya,” kata Guterres menjelang pertemuan Dewan Keamanan mengenai situasi di wilayah tersebut.

PBB, kata dia, membutuhkan akses kemanusiaan segera di seluruh Gaza, sehingga pihaknya bisa mendapatkan bahan bakar, makanan dan air untuk dibagikan kepada semua orang yang membutuhkan. Sistem kesehatan di wilayah itu juga berada di ambang kehancuran.

Baca juga: Gaza Dibombardir Israel, MUI Dorong Peran Aktif Pemerintah Indonesia Jadi Juru Damai

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken telah meminta Israel untuk mencegah kematian warga sipil Palestina. Blinken berupaya menghadirkan daerah aman di Jalur Gaza.

Setelah kunjungan ke Tel Aviv, Blinken, dalam tur enam negara ke negara-negara Arab, membela hak Israel untuk merespons tetapi juga harus melindungi warga Palestina yang tidak bersalah.

Baca juga: Warga Gaza Cari Perlindungan setelah Ancaman Serangan Darat Israel

“Kami telah mendesak Israel untuk menggunakan segala tindakan pencegahan untuk menghindari kerugian terhadap warga sipil. Kami menyadari banyak keluarga Palestina di Gaza yang menderita bukan karena kesalahan mereka sendiri dan warga sipil Palestina telah kehilangan nyawa mereka,” jelasnya.

Namun Blinken mengatakan Israel masih berhak atas haknya setelah serangan tidak masuk akal yang dilakukan Hamas. “Yang dilakukan Israel bukanlah pembalasan. Yang dilakukan Israel adalah membela nyawa rakyatnya,” ujarnya. (Z-11/AFP)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat