visitaaponce.com

Israel Serang Masjid di Kamp Pengungsi Tepi Barat

Israel Serang Masjid di Kamp Pengungsi Tepi Barat
Ilustrasi - Kamp pengungsi Jenin(AFP)

SEBUAH masjid di Kamp pengungsi Jenin Tepi Barat diserang Israel. Petugas medis Palestina melaporkan sedikitnya satu orang tewas.

Militer Israel mengatakan serangan terhadap Masjid Al-Ansar pada Minggu (22/10) pagi menewaskan beberapa operator teror dari Hamas dan Jihadis Islam, yang telah menggunakan bangunan tersebut sebagai pusat komando untuk merencanakan serangan.

Para pejabat militer Israel mengatakan yang terbunuh sedang mengorganisir sebuah serangan dan telah terlibat dalam beberapa serangan sebelumnya. Rekaman di media sosial menunjukkan kerusakan parah pada bagian luar masjid dan petugas medis bergegas ke tempat kejadian. Namun, sejumlah laporan saling bertentangan mengenai penyebabnya.

Baca juga: Israel Bersumpah Tingkatkan Serangan Gaza Sebelum Invasi Darat

Direktur Bulan Sabit Merah di Jenin, Mahmoud Al-Saadi mengatakan satu orang tewas dan tiga orang lainnya terluka dalam serangan tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Palestina Wafa.

Sebelumnya, petugas Medis Palestina melaporkan serangan tersebut telah menewaskan dua orang dan melukai beberapa orang lainnya.

Baca juga: Sekjen PBB: Bantuan Pertama Masuk Gaza

Sara Khairat Saud dari Al Jazeera, yang berada di Tepi Barat yang diduduki Israel, mengatakan para saksi mata di kamp pengungsi Jenin mendengar dan melihat sebuah jet tempur. Kehadiran jet tempur membuat banyak orang terkejut karena tidak biasanya Israel melakukan serangan udara di wilayah Palestina.

Serangan tersebut terjadi ketika Israel melanjutkan pembomannya di Gaza semalam, setelah para pejabat militer berjanji untuk meningkatkan serangan udara di daerah kantong tersebut, untuk meminimalisir risiko terhadap pasukan Israel menjelang serangan darat yang diperkirakan akan terjadi. Sedikitnya 11 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Khan Younis, Gaza Selatan.

Kamp pengungsi Jenin, yang dihuni oleh keturunan Palestina yang dirampas tanahnya selama pendirian Israel pada tahun 1948, merupakan fokus serangan militer Israel pada lalu dan menewaskan sedikitnya 14 warga Palestina.

Serangan udara terhadap kamp tersebut merupakan serangan kedua yang menghantam Tepi Barat yang diduduki Israel dalam beberapa hari terakhir.

Para pejabat Palestina mengatakan setidaknya 84 warga Palestina telah terbunuh oleh tentara dan pemukim Israel di wilayah pendudukan sejak serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel pada 7 Oktober dan telah menewaskan lebih dari 1.400 orang.

Serangan udara Israel telah menewaskan sedikitnya 4.385 orang lagi di Gaza, menurut para pejabat Palestina. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat