visitaaponce.com

Kemenlu Korut Sebut AS Dibalik Serangan Israel ke Rumah Sakit Gaza

Kemenlu Korut Sebut AS Dibalik Serangan Israel ke Rumah Sakit Gaza
Korut tuding AS ada dibalik pengeboman Rumah Sakit di Jalur Gaza(AFP)

KEMENTERIAN Luar Negeri Korea Utara menuduh Israel sengaja mengebom sebuah rumah sakit di Jalur Gaza. Tindakan itu mengindikasi secara terbuka, Israel telah melakukan kejahatan perang di bawah dukungan terselubung Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Kementerian itu juga menyalahkan AS karena memberikan lampu hijau kepada Israel untuk membantai warga Palestina tanpa rasa khawatir, dan memasok senjata serta dukungan militer, termasuk mengerahkan kapal induk di Timur Tengah.

"Ini menunjukkan bahwa AS adalah kaki tangan yang bersekongkol dan mendorong genosida Israel," kata juru bicara tersebut. Namun, pernyataan kementerian luar negeri tersebut tidak memberikan bukti untuk mendukung komentarnya.

baca juga: Usulan Resolusi DPR RI tentang Gaza Didukung Separuh Suara Parlemen Dunia

Media pemerintah Korea Utara telah sering menentang pandangan Barat, terutama Amerika Serikat, tentang isu-isu internasional. Media ini juga secara rutin mengecam Amerika Serikat.

Kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan 471 orang tewas dalam sebuah ledakan di Rumah Sakit Al-Ahli al-Arabi pada awal bulan ini. Palestina dan negara-negara Arab mengatakan bahwa serangan udara Israel menghantam rumah sakit tersebut.

Baca juga: Turuti Perintah AS, Israel Tunda Invasi ke Gaza

Israel menambahkan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh peluncuran roket yang gagal oleh Hamas, yang membantah bertanggung jawab.

Seorang pejabat AS mengatakan pada Selasa (24/10), para pejabat intelijen AS memiliki keyakinan yang tinggi bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh roket Palestina yang pecah di tengah penerbangan, dan bukan oleh Israel.

"Masih ada ketidakpastian mengenai jumlah korban tewas akibat ledakan rumah sakit dan jumlah korban luka-luka," kata para pejabat AS. (CNA/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat