visitaaponce.com

Kebakaran Hutan di California Memicu Evakuasi 4.000 Orang

Kebakaran Hutan di California Memicu Evakuasi 4.000 Orang
Kebakaran hutan di California Selatan sudah menghanguskan 890 hektare lahan dan memicu perintah evakuasi warga di Riverside County.(AFP)

KEBAKARAN hutan di California Selatan yang dipicu angin gurun menghanguskan 890 hektare lahan dan memicu perintah evakuasi bagi empat ribu orang di Riverside County, kata para pejabat, Selasa (31/10).

Kebakaran Dataran Tinggi membesar hampir dua kali lipat dalam semalam, didorong ke barat oleh angin Santa Ana. Fenomena musiman terjadi ketika udara gurun yang kering berhembus ke arah laut, sehingga menimbulkan bahaya kebakaran di California Selatan.

Kebakaran belum dapat dikendalikan hingga Selasa pagi, kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), dengan kru memadamkan api di darat dan pesawat menjatuhkan bahan penghambat berwarna fuchsia.

Baca juga: 341 Hektare Lebih Lahan Terbakar di Majalengka

Departemen Pemadam Kebakaran Riverside County memerintahkan evakuasi sekitar 4.000 orang, termasuk kota kecil Aguanga, tempat kebakaran mulai terjadi pada Senin (30/10). Para pejabat membuka dua pusat pengungsian untuk manusia dan hewan.

Sementara mereka yang tinggal di resor untuk kendaraan rekreasi mengantar peserta kemah mereka ke tempat parkir Walmart di Temecula yang berjarak sekitar 25 km. Pengungsi mengatakan mereka meninggalkan resor RV atas desakan petugas pertolongan pertama, menghindari api yang kemudian memasuki lokasi.

Baca juga: 1.596 Titik Panas Karhutla Terdeteksi di Sumatra

"Saya harus mengambil makanan anjing dan masuk ke dalam van saya lalu pergi," kata Barb Bommarito.

Robert Duke, 85, mengatakan masyarakat tidak mengetahui kewajiban evakuasi. "Tetapi hal ini diwajibkan karena mobil penegak hukum datang dengan lampu berkedip merah dan biru dan menyerukan kita semua harus pergi."

Penyebab kebakaran sedang diselidiki, kata Cal Fire, seraya menambahkan bahwa kobaran api merupakan ancaman yang berkelanjutan karena beberapa jalan ditutup dan perintah evakuasi diberlakukan.

California Selatan sejauh ini mengalami tahun kebakaran ringan pada 2023, setelah curah hujan yang luar biasa deras yang mencakup badai tropis pertama yang mencapai daerah berpenduduk padat di negara bagian tersebut dalam 84 tahun. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat