visitaaponce.com

341 Hektare Lebih Lahan Terbakar di Majalengka

341 Hektare Lebih Lahan Terbakar di Majalengka
Ilustrasi.(Freepik. )

TOTAL luasan lahan yang terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencapai 341,97 hektare.

"Luas lahan yang terbakar berasal dari 167 kejadian," ungkap Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Kabupaten Majalengka, Rezza Permana, Selasa (31/10). Kebakaran tersebut terjadi selama periode Mei hingga akhir Oktober 2023 dan tersebar di 21 kecamatan.

"Ada tiga kecamatan yang terdampak kebakaran paling parah," tutur Rezza. Masing-masing Kecamatan Sukahaji, Majalengka, dan Cigasong. 

Baca juga: 1.596 Titik Panas Karhutla Terdeteksi di Sumatra

"Lahan yang terbakar di tiga kecamatan tersebut paling luas," jelas Rezza. Di Kecamatan Sukahaji, luas lahan yang terbakar mencapai 58,86 hektare, Majalengka 49,90 hektare, dan Cigasong 46,40 hektare. 

"Yang paling luas di Kecamatan Sukahaji," ucap Rezza. Ketiga kecamatan tersebut, lanjut Rezza, merupakan wilayah yang paling rawan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Majalengka.

Baca juga: 27 Daerah di Jateng Berpotensi Diguyur Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat

"Tidak ada korban jiwa dari seluruh peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Majalengka," ujar Rezza. Rezza juga mengklaim kerugian materiil dapat diminimalkan berkat kerja sama antarinstansi dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat