visitaaponce.com

Semangka Jadi Simbol Perlawanan untuk Bela Palestina

Semangka Jadi Simbol Perlawanan untuk Bela Palestina
Semangka dan kaitannya dengan Palestina(Ist)

SIMBOL buah Semangka saat ini tengah ramai bertebaran di media sosial. Banyak yang mengunggah buah yang berasal dari tanaman merambat tersebut untuk digunakan sebagai foto profil dan lainnya.

Usut punya usut, buah ini rupanya erat kaitannya dengan Palestina. Kabarnya, buah semangka merupakan buah yang populer di Palestina dan menjadi buah kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Ramainya penggunaan semangka oleh berbagai orang ini seakan-akan menjadi sebuah simbol protes dan perlawanan terhadap Israel. Selain itu, buah ini juga memiliki warna yang serupa dengan bendera Palestina yakni hijau, putih, merah, dan hitam.

Baca juga: Semangka, Jeruk Jaffa, dan Zaitun sebagai Simbol Palestina

Simbol ini juga rupanya digunakan oleh Najwa Shihab bersama KitaBisa untuk ikut berkontribusi dalam Aksi Bela Palestina yang berlangsung di Jakarta pada hari ini. Mereka membagikan 1.000 semangka gratis kepada para peserta Aksi Bela Palestina dan masyarakat yang ikut CFD, dari mulai Sarinah sampai Monas.

Ratusan orang yang berkumpul bersama Najwa berbondong-bondong membawa bentangan banner bertuliskan Aksi Semangka, Semua Manusia, Semua Palestina. Mereka semua berjalan sembari berteriak free watermelon, free Palestina.

Baca juga: Gambar Buah Semangka Jadi Simbol Kebanggaan Palestina di Media Sosial

Najwa Shihab menjelaskan bahwa cukup menjadi manusia untuk membela Palestina. Gerakan yang dia lakukan menjadi sebuah bentuk protes terhadap kekejian Israel terhadap Palestina.

“Saya di sini bukan hanya sebagai jurnalis, tapi saya juga manusia yang marah dan muak yang melihat penjajahan dan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina. Jadi sekali lagi, cukup menjadi manusia untuk kita menyuarakan kegelisahan, kemarahan, kepedihan kita melihat apa yang terjadi di Palestina,” tegas Najwa.

Menyuarakan Dukungan bagi Palestina

Sementara itu, CEO KitaBisa Vikra Ijas menjelaskan bahwa aksi ini adalah aksi lintas komunitas untuk menyuarakan dukungan bagi Palestina. Gerakan ini juga memperlihatkan bahwa sebetulnya cukup menjadi manusia untuk membela Palestina dan haknya.

Dia juga menambahkan bahwa saat ini, pihaknya memiliki tagar tetap berisik yang juga diharapkan menjadi gerakan yang dapat memberikan kontribusi terhadap konflik di Palestina.

“Kita punya tagar tetap berisik karena kita butuh suara untuk bantuan untuk Palestina apa pun bentuknya. Suara anda, postingan di media sosial, donasi dan doa itu semua berarti. Jadi tagar tetap berisik, ayo rakyat Indonesia tunjukkan keberpihakan kita untuk saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Vikra.

Perlu diketahui, sebanyak 1,4 juta masyarakat Indonesia hadir di kawasan Monumen Nasional, Jakarta untuk menghadiri Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina pada hari ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat