visitaaponce.com

51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir
Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza tiba di Mesir(Antara)

BANTUAN kemanusiaan untuk warga Gaza, Palestina yang dilepas Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11), telah tiba di Bandara Al-Arish Mesir, Senin (6/11).

"Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza telah tiba di bandara Al-Arish, Mesir pada 6 November 2023," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangannya, Jakarta, Senin (6/11).

Menurut dia bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk warga Gaza tersebut tiba di Bandara Al-Arish pada pukul 08.00 waktu setempat. Bantuan kemanusiaan ini dibawa menggunakan tiga unit pesawat, dua C-130 Hercules TNI AU dan Airbus swasta.

Baca juga: Tentara Israel Tangkap Aktivis Palestina Ahed Tamimi karena Dituduh Menghasut

"Wamenlu (Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury) memimpin pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut. Bantuan diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Mesir," jelasnya.

Ia mengatakan seluruh pesawat pembawa bantuan kemanusiaan gabungan dari pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia ini memiliki bobot keseluruhan 51,5 ton.

Baca juga: Menag Diminta Menggalang Solidaritas Umat untuk Bantu Palestina

"Hercules menempuh rute Jakarta-Aceh-Yangon-New Delhi-Abu Dhabi-Jeddah-Al-Arish. (Setelah loading bantuan kemanusiaan selesai) Hercules akan persiapan kembali ke Tanah Air," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan bantuan. "Alhamdulillah bantuan masyarakat Indonesia akan dikirim ke Palestina. Ini adalah bantuan tahap pertama yang dikirim dengan tiga pesawat dengan berat 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, peralatan medis, selimut, tenda dan kebutuhan logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza," kata Jokowi.

Dia berharap, selanjutnya akan semakin banyak bantuan dari masyarakat dan dunia usaha untuk warga Palestina. "Ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Tragedi kemanusiaan ini tidak bisa diterima. Saya menegaskan, Indonesia akan terus bersama perjuangan bagi kemerdekaan masyarakat Palestina," katanya.

Bantuan kemanusian tersebut mencakup berbagai jenis kebutuhan seperti makanan dan obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak. Juga alat penunjang disabilitas atau hygiene kit, selimut serta barang-barang lainnya yang dibutuhkan warga Palestina.

Secara teknis bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara Al-Arish di Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza. Dari bandara tersebut, bantuan kemudian diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk kemudian disalurkan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC), dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza.

Untuk mengggalan bantuan bagi Palestina, Baznas bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan perusahaan. Baznas mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada dalam agresi militer Israel. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat