visitaaponce.com

22 Pasukan Penjaga Perdamaian Terluka Saat Konvoi Penarikan di Mali

22 Pasukan Penjaga Perdamaian Terluka Saat Konvoi Penarikan di Mali
Ilustrasi - Sebanyak 22 pasukan penjaga perdamaian terluka saat konvoi proses penarikan dari Mali.(AFP)

KONVOI misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Mali kembali terkena perangkat peledak improvisasi pada akhir pekan, yang melukai 22 pasukan penjaga perdamaian dalam proses penarikan dari negara tersebut, kata juru bicara.

Puluhan kendaraan MINUSMA berangkat pada 31 Oktober dari kota Kidal di timur laut Mali, tetapi hingga kini belum berhasil mencapai Gao, sebuah kota strategis lainnya yang berjarak sekitar 350 kilometer (217 mil).

"Pada hari Sabtu, konvoi menghadapi dua perangkat peledak improvisasi lainnya di dekat kota Anefis," ujar Stephane Dujarric, juru bicara sekretaris jenderal PBB, kepada para wartawan pada hari Senin.

Baca juga: Kelompok Separatis Klaim Serangan Mematikan terhadap Militer Mali

Ia mengatakan 22 pasukan penjaga perdamaian harus dievakuasi dengan pesawat untuk menerima perawatan segera di Gao. Ini adalah insiden keenam sejak konvoi meninggalkan Kidal, kata Dujarric, menambahkan bahwa semua penerbangan evakuasi medis beroperasi tanpa masalah.

Delapan pasukan penjaga perdamaian terluka dan dievakuasi pada tanggal 1 November, dan tujuh lainnya pada hari Jumat lalu akibat perangkat peledak improvisasi lainnya.

Baca juga: PBB 'Khawatir' dengan Pertempuran di Myanmar

"Otoritas Mali juga telah mengizinkan penerbangan pengadaan ulang untuk memberikan konvoi dengan air, bahan bakar, dan barang penting lainnya," kata juru bicara tersebut, yang minggu lalu telah mengkritik kurangnya izin penerbangan bagi pasukan penarikan MINUSMA.

Pemerintahan junta di negara tersebut, yang merebut kekuasaan pada 2020, telah menuntut pada Juni agar misi tersebut meninggalkan Mali, meskipun negara tersebut masih dilanda jihadisme dan krisis yang berkecamuk. Penarikan tersebut dijadwalkan akan selesai pada tanggal 31 Desember.

Kidal adalah kamp MINUSMA yang ketiga dan terakhir yang akan dievakuasi di wilayah Kidal di utara Mali yang rawan, yang telah dilanda kekerasan jihadis dan separatis.

Meskipun awalnya rencana terakhir untuk meninggalkan Kidal dijadwalkan untuk paruh kedua November, memburuknya keamanan mendorong MINUSMA untuk mempercepat penarikannya, yang membuat junta marah, karena pasukannya belum mencapai kamp tersebut.

Aliansi kelompok bersenjata yang didominasi oleh suku Tuareg, yang baru-baru ini meluncurkan pemberontakan terhadap negara, mengklaim telah mengambil alih kamp Kidal tak lama setelah MINUSMA pergi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat