visitaaponce.com

PBB Khawatir dengan Pertempuran di Myanmar

PBB 'Khawatir' dengan Pertempuran di Myanmar
MNDAA(AFP)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa pihatin atas “pertempuran sengit” antara tentara dan aliansi kelompok etnis minoritas di Myanmar utara, yang telah menyebabkan korban sipil dan membuat lebih dari 30.000 orang mengungsi.

“Kami khawatir dengan pertempuran sengit, khususnya di Negara Bagian Shan di bagian utara negara itu, dengan laporan… serangan udara yang menyebabkan korban sipil dan puluhan ribu orang menjadi pengungsi internal,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Dewan Keamanan. Sekretaris Jenderal PBB.

“Rekan-rekan kemanusiaan kami memberitahu kami, sejak 26 Oktober hampir 33.000 pria, perempuan, dan anak-anak telah mengungsi,” tambahnya.

Baca juga: Ribuan Orang Mengungsi Usai Konflik di Perbatasan Myanmar-Tiongkok Meletus

Sekretaris Jenderal Antonio Guterres menegaskan kembali bahwa warga sipil harus dilindungi, katanya, juga menyerukan akses tanpa hambatan terhadap bantuan kemanusiaan.

Pertempuran meningkat pekan lalu di sebagian besar wilayah Negara Bagian Shan, dekat perbatasan Tiongkok.

Baca juga: Pemimpin 18 Badan PBB Desak Gencatan Senjata di Gaza

Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar (MNDAA), Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang (TNLA), dan Tentara Arakan (AA) mengklaim telah merebut puluhan pos terdepan dan empat kota, serta memblokir jalur perdagangan penting ke Tiongkok.

Beberapa hari sebelumnya, juru bicara junta menggambarkan klaim kelompok bersenjata telah merebut beberapa kota di Negara Bagian Shan sebagai “propaganda”.

Pertempuran tersebut merupakan ancaman yang tidak terlihat oleh tentara sejak kudeta terhadap Aung San Suu Kyi tahun 2021.(AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat