visitaaponce.com

3 Jurnalis Diculik di Meksiko, LSM Tuntut Tindakan Segera

3 Jurnalis Diculik di Meksiko, LSM Tuntut Tindakan Segera
Beberapa hari terakhir tiga wartawan diculik di negara bagian Guerrero, selatan Meksiko oleh sekelompok pria bersenjata.(AFP)

TIGA wartawan telah diculik di negara bagian Guerrero di selatan Meksiko dalam beberapa hari terakhir, demikian dilaporkan dua organisasi hak pers pada hari Kamis, sambil menuntut tindakan pemerintah segera.

Kelompok-kelompok Article 19 dan CIMAC mengatakan Marco Antonio Toledo, direktur mingguan El Espectador dan koresponden untuk berbagai media, telah diculik sekelompok pria bersenjata di kota Taxco, Guerrero, pada 19 November bersama dengan istrinya dan anaknya.

Kantor jaksa negara pada Kamis mengumumkan pencarian untuk wartawan tersebut beserta putranya, Alberto Toledo.

Baca juga: Gubernur Muda Nuevo Leon, Samuel Garcia, Resmi Mencalonkan Diri dalam Pemilihan Presiden Meksiko

LSM tersebut juga melaporkan bahwa wartawan Silvia Arce dan Alberto Sanchez diculik pada 22 November, juga di Taxco, sebuah kota pegunungan sekitar 180 kilometer (110 mil) barat daya ibu kota Meksiko City. Kedua wartawan bekerja untuk situs media digital RedSiete.

"LSM mendesak otoritas federal dan negara bagian untuk segera dan dengan cepat berkoordinasi untuk menemukan wartawan-wartawan ini dengan selamat," tambah pernyataan tersebut.

Baca juga: Biden Apresiasi Meksiko atas Penangkapan Pengedar Fentanil El Nini

Meksiko dianggap sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia untuk menjalankan jurnalistik, menurut organisasi Reporters Without Borders (RSF). Pada 16 November, fotografer Ismael Villagomez ditembak dan tewas di kota perbatasan utara Ciudad Juarez.

Sejauh ini, tiga orang telah ditangkap terkait pembunuhan tersebut. Setidaknya lima wartawan lainnya telah dibunuh di Meksiko pada tahun 2023, dan lebih dari 150 sejak tahun 2000, menurut RSF. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat