visitaaponce.com

Semua Tawanan Hamas dalam Kondisi Sehat

Semua Tawanan Hamas dalam Kondisi Sehat
Israel mengatakan seluruh sandera yang dibebaskan Hamas dalam kondisi kesehatan baik.(AFP)

DIREKTUR Jenderal Layanan Darurat Nasional Israel Magen David Adom Eli Bin mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan delegasi Palang Merah, kondisi kesehatan para sandera yang dibebaskan Hamas dalam kondisi baik. Sebanyak 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan seorang warga Filipina dibebaskan oleh Hamas.

“Penilaian awal Palang Merah Internasional menunjukkan tawanan berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan wajar," katanya.

Para tawanan Israel yang dibebaskan rencananya akan dibawa ke rumah sakit di Israel setelah dibawa dari Gaza ke Mesir melalui titik penyeberangan Rafah.

Baca juga: Sukacita Sambut Pembebasan Tahanan Palestina

"Kami telah memfasilitasi pembebasan ini dengan mengangkut mereka dari Gaza ke perbatasan Rafah, menandai dampak nyata dari peran kami sebagai perantara netral antara pihak-pihak yang bertikai," kata organisasi tersebut.

Ia mengaku lega setelah mengalami tekanan selama berminggu-minggu 24 tawanan dapat bersatu kembali dengan keluarga mereka.  Pertukaran sandera menjadi salah satu syarat gencatan senjata empat hari dilaksanakan. Gencatan senjata selama empat hari dalam perang Hamas-Israel mulai berlaku pada Jumat 24 November 2023 ini. Para sandera akan dibebaskan dengan imbalan tahanan dalam penangguhan hukuman besar pertama dalam tujuh minggu perang yang telah merenggut ribuan nyawa.

Baca juga: Biden Mengatakan Pembebasan Sandera Gaza 'Hanya Permulaan'

Mulai pukul 07.00 pagi jeda tersebut ditetapkan untuk membungkam senjata dan menghentikan pengeboman dalam konflik yang meletus setelah serangan mematikan Hamas ke Israel pada 7 Oktober. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat