visitaaponce.com

Kate Forbes, Perempuan Kedua yang Terpilih sebagai Presiden IFRC

Kate Forbes, Perempuan Kedua yang Terpilih sebagai Presiden IFRC
Kate Forbes, presiden Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)(Youtube)

KATE Forbes, seorang pekerja kemanusiaan dan pengusaha asal Amerika Serikat, terpilih sebagai presiden Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC). Ia menjadi perempuan kedua yang menduduki posisi tersebut.

"Pemilihan Kate Forbes sebagai presiden IFRC adalah momen bersejarah," demikian disampaikan dalam pernyataan resmi organisasi tersebut.

IFRC, yang tersebar di 191 negara dengan sekitar 16 juta relawan, menekankan kepemimpinan Forbes menandai pergeseran penting dalam menghadapi kompleksitas dunia modern.

Baca juga: Di Gaza, Kepala Palang Merah: Penderitaan Warga tidak Dapat Ditoleransi

Forbes akan menitikberatkan kepemimpinannya pada penanganan isu-isu mendesak seperti perubahan iklim dan migrasi, sambil juga memprioritaskan pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan pemuda. Dalam pernyataannya, Forbes mengatakan, "Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menguatkan prinsip-prinsip dasar kita guna menjalankan misi dan membuat masyarakat lebih kuat."

Sebagai seorang pemeriksa keuangan dengan pengalaman empat dekade di jaringan IFRC, Forbes akan menggantikan Francesco Rocca dari Italia, yang sebelumnya menjabat sejak tahun 2017. Rocca, yang terpilih kembali pada Desember 2022, memutuskan untuk mundur lebih awal pada bulan Juni karena konflik kepentingan terkait jabatannya sebagai kepala pemerintahan sayap kanan di wilayah Lazio yang mencakup Roma.

Baca juga: Pembebasan Tahanan di Hari Terakhir Gencatan Senjata

IFRC menyatakan Forbes sudah siap menghadapi tantangan sebagai presiden, dengan masa jabatannya dimulai segera. Ia memulai karirnya sebagai relawan lokal di Palang Merah Amerika di kota Phoenix, kemudian merangkap sebagai wakil ketua dewan dan ketua nasional sukarelawan, mengelola lebih dari satu juta relawan.

Selama 17 tahun terakhir, Forbes juga aktif di dewan IFRC, terakhir menjabat sebagai ketua Komisi Audit dan Risiko IFRC. Dalam perannya tersebut, dia meningkatkan transparansi, menerapkan kontrol keuangan yang lebih kuat, dan menetapkan kebijakan pengamanan di seluruh organisasi.

"Pemilihan Kate Forbes sebagai presiden menandakan langkah signifikan bagi IFRC, menunjukkan kepemimpinan baru yang siap fokus pada integritas dan akuntabilitas." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat