visitaaponce.com

G7 Serukan Huthi Hentikan Ancaman terhadap Pelayaran Internasional

G7 Serukan Huthi Hentikan Ancaman terhadap Pelayaran Internasional
Warga Yaman yang bersenjata meneriakkan slogan-slogan selama unjuk rasa solidaritas dengan rakyat Gaza pada 24 November 2023.(AFP/Mohammed Huwais.)

PARA menteri luar negeri G7 pada Rabu (29/11) menyerukan kepada pemberontak Huthi yang didukung Iran untuk menghentikan ancaman terhadap pelayaran internasional dan melepaskan kapal yang mereka sita awal bulan ini.

"Menekankan pentingnya keamanan maritim, kami menyerukan semua pihak untuk tidak mengancam atau mengganggu pelaksanaan hak navigasi dan kebebasan yang sah oleh semua kapal," demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh ketua G7 Jepang.

Baca juga: AS Cegat Sejumlah Pesawat Nirawak Penyerang dari Yaman

"Kami secara khusus menyerukan kepada Huthi untuk segera menghentikan serangan terhadap warga sipil dan ancaman terhadap jalur pelayaran internasional dan kapal komersial serta melepaskan M/V Galaxy Leader dan awaknya yang disita secara ilegal dari perairan internasional pada 19 November," tambahnya.

Kelompok Huthi telah melancarkan serangkaian serangan drone dan rudal yang menargetkan Israel sejak militan Hamas menyerbu perbatasan ke Israel pada 7 Oktober. Pada tanggal 19 November, Huthi menyita kapal kargo Galaxy Leader yang terkait dengan Israel dan 25 awak internasionalnya di pintu masuk Laut Merah.

Baca juga: Sita Galaxy Leader, Huthi Ancam Lebih Banyak Kapal di Laut Merah

Pada Minggu, dua rudal balistik--diluncurkan dari daerah yang dikuasai pemberontak Huthi di Yaman--mendarat sekitar 10 mil laut dari kapal perusak AS USS Mason, menurut Pentagon. USS Mason dan kapal sekutu lain merespons pendaratan kapal tanker di lepas pantai kota pelabuhan Aden di Yaman oleh lima orang bersenjata--diyakini warga Somalia--yang melarikan diri dengan perahu kecil dan ditahan, kata Pentagon. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat