visitaaponce.com

Tambang Garam Batuan Berisiko Tinggi di Brasil Timur Laut Mengalami Ruptur Parsia

Tambang Garam Batuan Berisiko Tinggi di Brasil Timur Laut Mengalami Ruptur Parsia
Pejabat setempat memperingati risiko runtuhnya sebuah tambang garam batuan di timur laut Brasil, setelah mengalami ruptur sebagian, Minggu.(AFP)

SEBUAH tambang garam batuan di timur laut Brasil yang diingatkan pejabat sebagai risiko runtuh yang tidak terelakkan sebagian pecah, Minggu, meskipun area tersebut sudah dievakuasi.

Warga ibu kota negara bagian Alagoas, Maceio, dengan gugup mengawasi "Tambang 18" milik perusahaan kimia raksasa Braskem sejak pejabat kota menyatakan peringatan tinggi pada 29 November, memperingatkan risiko runtuh dan dapat menyebabkan tragedi besar.

"Tambang 18 mengalami pecah hari ini" di sektor sepanjang laguna kota, tulis Walikota Joao Henrique Caldas di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

"Dinas tanggap darurat Maceio menekankan tambang dan sekitarnya kosong, dan tidak ada risiko bagi manusia. Kami sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut dan akan membagikannya secepat mungkin."

Baca juga: Lula Kritik Kurangnya Fleksibilitas UE saat Kesepakatan Perdagangan Amerika Selatan Tertunda

Video yang ditayangkan di media Brasil menunjukkan gelembung coklat besar menggelembung di permukaan air pada saat pecahnya tambang, yang sebagian besar berada di bawah laguna.

Braskem mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "gerakan yang tidak biasa" telah terdeteksi di tambang tersebut, dan bahwa perusahaan itu "terus bekerja sama" dengan otoritas.

Baca juga: Brasil Berencana Perluas Lahan Pertanian sampai 60%

Garam batuan adalah bahan dalam pipa PVC dan kaustik soda.

Braskem, yang mengoperasikan 35 tambang di Maceio, mayoritas dimiliki oleh Novonor, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Odebrecht, yang terlibat dalam skandal korupsi masif pada 2010-an.

Maceio, dengan populasi satu juta, telah mengalami gangguan kehidupan kota sejak warga terpaksa mulai dievakuasi dari area sekitarnya pada 2019, setelah retakan mulai muncul di jalan dan bangunan.

Sebuah area berisi 14.000 bangunan yang dulunya dihuni oleh 55.000 orang sekarang telah menjadi kota hantu. Tanah-baru-baru ini telah tenggelam di area sekitar tambang.

Walikota memperingatkan kota menghadapi "tragedi perkotaan yang terbesar di dunia" jika itu runtuh. Para ahli ekologi memperingatkan bahwa runtuhnya juga bisa menyebabkan bencana lingkungan bagi laguna dan ekosistem sekitarnya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat