visitaaponce.com

Temui Korban Gaza Palestina, Utusan PBB Saya Hancur

Temui Korban Gaza Palestina, Utusan PBB: Saya Hancur
Pemuda Palestina mengenakan topeng dan membawa bendera Hamas selama unjuk rasa mendukung Jalur Gaza di kota Hebron, Tepi Barat.(AFP/Hazem Bader.)

DUTA Besar Dewan Keamanan PBB melakukan perjalanan ke Mesir pada Senin (11/12) untuk bertemu warga Jalur Gaza, Palestina, yang menjadi korban perang akibat serangan membabi buta Israel. Kunjungan itu dilakukan beberapa hari setelah Amerika Serikat memblokir resolusi gencatan senjata.

Perjalanan informal satu hari yang diselenggarakan Uni Emirat Arab dan Mesir terjadi di tengah meningkatnya krisis kemanusiaan di Gaza yang dilanda perang. Krisis itu digambarkan sebagai kuburan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Sekitar selusin duta besar dari negara-negara, termasuk Rusia dan Inggris, ikut ambil bagian. Namun, Amerika Serikat (AS), yang memveto resolusi Dewan Keamanan untuk menyerukan gencatan senjata pada Jumat, tidak mengirimkan perwakilannya. Begitu pula Prancis.

Baca juga: Israel Serang Gaza Selatan Setelah Peringatan Hamas

Para utusan tersebut mengunjungi satu rumah sakit di El-Arish dekat perbatasan Rafah dengan Gaza. Rumah sakit ini merawat orang-orang yang telah dievakuasi dari konflik.

Di antara orang-orang yang mereka temui ialah Wafaa Asaad, seorang remaja berusia 27 tahun dari Gaza. Ia sedang hamil tua ketika rumahnya terkena serangan Israel dan menewaskan suaminya serta melukai kedua putrinya.

Baca juga: Drone Hizbullah Menyerbu, Beberapa Tentara Israel Terluka

Dia dievakuasi ke Mesir untuk perawatan medis serta lengan dan kakinya diamputasi. Namun secara ajaib ia berhasil melahirkan hanya beberapa jam setelah melintasi perbatasan. 

Itu dikatakan saudara perempuannya, Alaa, kepada AFP. "Pesan kami kepada PBB ialah kami ingin perang dihentikan," kata Alaa. Keponakannya yang baru lahir terbaring di tempat tidur di sampingnya.

Utusan Ekuador Jose de la Gasca mengatakan kepada AFP bahwa dia hancur dengan kunjungan ke rumah sakit tersebut. "Saya baru saja bertemu dengan seorang ibu muda yang kehilangan anaknya dan memiliki seorang gadis kecil lagi yang terluka," katanya.

"Saya tidak ingin melihat lagi yang baru saja saya lihat. Ini mengerikan."

Para diplomat tersebut kemudian dijadwalkan mengunjungi penyeberangan Rafah, satu-satunya pintu gerbang ke Gaza. Keberangkatan melalui penyeberangan dikontrol dengan ketat dan hanya warga negara asing serta orang-orang yang terluka parah yang diizinkan meninggalkan Gaza dalam sebagian besar keadaan.

Kekurangan segalanya

Berbicara di awal perjalanan, utusan UEA Lana Nusseibeh mengatakan perjalanan tersebut bukanlah tugas resmi Dewan Keamanan. Para anggotanya ikut ambil bagian dalam perjalanan tersebut atas inisiatif nasional dan pribadi mereka sendiri.

Philippe Lazzarini, kepala badan pengungsi Palestina di PBB, UNRWA, memberi pengarahan kepada para utusan tersebut mengenai situasi kemanusiaan sebelum ia menuju ke Gaza untuk kunjungan ketiganya sejak dimulainya perang pada Oktober. Ada, "Frustrasi mendalam, kekecewaan, dan kemarahan (bahwa) kita bahkan tidak dapat mencapai konsensus untuk gencatan senjata," kata Lazzarini.

"Tidak ada tempat yang benar-benar aman di Jalur Gaza. Bahkan gedung PBB yang saat ini menampung lebih dari satu juta orang telah terkena dampaknya," tambahnya.

"Kelaparan merajalela di Gaza. Semakin banyak orang yang belum makan selama satu hari, dua hari, tiga hari. Orang-orang kekurangan segalanya."

Perang ini dipicu ketika Hamas, kelompok Palestina yang menguasai Gaza, melakukan serangan paling mematikan terhadap Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, menurut data Israel, dan menyandera sekitar 240 orang kembali ke Gaza. Israel membalas dengan serangan militer yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan menewaskan sedikitnya 17.997 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat