visitaaponce.com

UNHCR Turut Tangani Rohingya di Indonesia

UNHCR Turut Tangani Rohingya di Indonesia
Pengungsi Rohingya di Pineung, Aceh, Kamis (16/11).(AFP/AMANDA JUFRIAN)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau Komisariat Tinggi Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) berkomitmen membantu Indonesia menangani pengungsi Rohingya. Indonesia juga mengutuk pihak yang memperdagangkan dan menyelundupkan orang.

"Kemarin (Senin, 11/12), saya juga melakukan pertemuan dengan Filippo Grandi, Komisioner Tinggi UNHCR, membahas isu pengungsi Rohingya yang masuk wilayah Indonesia. Kita bahas tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini dengan kedatangan bertubi-tubi pengungsi Rohingya di Indonesia," kata Retno dalam pernyataan resmi, Rabu (13/12).

Dalam kesempatan itu, Retno menyampaikan bahwa terdapat dugaan kuat masalah penyelundupan dan perdagangan manusia.

Baca juga: Pengungsi Rohingya sudah 1.478 Orang, Pemerintah Cari Solusi

Di dalam pembicaraan empat mata yang dilakukan dengan sangat terbuka tersebut dengan Komisioner Tinggi UNHCR, Grandi sangat memahami tantangan yang dihadapi Indonesia.

"UNHCR akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk menyelesaikan masalah ini. Antara lain dengan memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para pengungsi tersebut," jelasnya.

Baca juga: Diveto AS, Retno Sesalkan Gagalnya Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

Retno juga menyampaikan kepada UNHCR di dalam pertemuan tersebut untuk terus mendesak kepada negara pihak Konvensi Pengungsi untuk segera mulai menerima resettlement sehingga beban tidak bergeser ke negara lain seperti Indonesia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat