visitaaponce.com

Diveto AS, Retno Sesalkan Gagalnya Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

Diveto AS, Retno Sesalkan Gagalnya Resolusi Gencatan Senjata di Gaza
Menlu Retno Marsudi(Antara)

MENTERI Luar Negeri RI Retno Marsudi menyayangkan kegagalan diadopsinya gencatan senjata di Gaza, Palestina, oleh Dewan Keamanan PBB (DK PBB). Hal ini terjadi akibat adanya penggunaan hak veto dari Amerika Serikat (AS), untuk kedua kalinya terkait Gaza.

“Saya sangat menyesalkan kegagalan DK PBB dalam mengadopsi gencatan senjata kemanusiaan di Gaza meski lebih dari 102 negara, termasuk Indonesia, ikut mensponsori resolusi tersebut,” kata Retno dalam akun media sosial X, Sabtu (9/12).

Menurutnya, komunitas global tidak bisa bergantung pada beberapa negara terkait masalah ini. Dunia seakan lebih senang melihat kebiadaban Israel yang menimpa warga Palestina di Jalur Gaza.

Baca juga : Hari Ini, Dunia Menunggu Lolosnya Resolusi PBB untuk Gaza

“Komunitas global tidak bisa terus bergantung pada beberapa negara dan menyaksikan tanpa daya kekejaman dan pembunuhan terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza,” sambungnya.

AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat kemarin, yang didukung hampir semua anggota DK dan banyak negara lain yang menuntut gencatan senjata segera di Jalur Gaza. 

Warga sipil Palestina menghadapi apa yang disebut oleh Sekjen PBB sebagai mimpi buruk kemanusiaan.

Baca juga : Retno Pimpin Menlu OKI Sambangi DK PBB, Minta Penjajahan Israel di Palestina Disetop

AS Tetap Memihak Genosida Israel

Wakil Duta Besar AS Robert Wood mengkritik DK PBB setelah pemungutan suara karena kegagalan mengutuk pembantaian oleh kelompok pejuang Palestina Hamas pada 7 Oktober di wilayah Israel.

Saat itu, Hamas membunuh sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 lainnya. Sementara serangan balasan Israel telah menghilangkan lebih dari 17 ribu nyawa warga Gaza, ribuan terluka dan jutaan mengungsi.

Wood juga mengkritik Dewan Keamanan PBB karena tidak mengakui hak Israel untuk membela diri. Ia mengatakan resolusi tersebut berbeda dari kenyataan dan tidak akan membawa kemajuan di lapangan.

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

Wood menyatakan bahwa menghentikan aksi militer Israel akan memungkinkan Hamas untuk terus memerintah Gaza dan hanya akan menanam benih untuk perang berikutnya.

Wood menyerang para pendukung resolusi, mengkritik mereka terburu-buru mewujudkannya serta tidak mengubah seruan gencatan senjata tanpa syarat. (Z-4)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat