visitaaponce.com

Komunikasi di Gaza Terputus Akibat Bombardir Israel

Komunikasi di Gaza Terputus Akibat Bombardir Israel
Asap membumbung di langit Gaza akibat serangan Israel, Jumat, 15 Desember 2023.(AFP)

LAYANAN internet dan telepon terputus di Jalur Gaza pada hari Kamis (14/12) akibat pemboman Israel yang telah merenggut lebih banyak nyawa warga Palestina.

"Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa semua layanan telekomunikasi di Jalur Gaza telah terputus karena serangan yang sedang berlangsung, Gaza kembali gelap gulita," kata perusahaan telekomunikasi Palestina, Paltel.

Israel terus menggempur Gaza saat lonjakan penyakit mematikan melanda penduduk yang mengungsi.

Menteri Pertahanan Israel memperingatkan perang dengan Hamas akan berlangsung lebih dari beberapa bulan ketika dia bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan di Tel Aviv.

Baca juga: Buru 4 Komandan Hamas, Israel Hargai Yahya Sinwar Rp6 Miliar 

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa pengeboman tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap Gaza telah mengikis dukungan internasional.

Perang, yang kini memasuki bulan ketiga, dimulai setelah serangan 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok Palestina terhadap Israel, yang menurut para pejabat Israel telah menewaskan sekitar 1.200 orang.

Sebagai tanggapan, Israel bersumpah untuk menghancurkan Hamas dan melancarkan serangan militer tanpa henti yang telah menyebabkan sebagian besar wilayah Gaza hancur.

Baca juga: AS Minta Dibantu Lawan Houthi Yaman, Ini Jawaban Australia

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 18.787 orang telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Di Kota Khan Younis, Gaza selatan, asap mengepul dari reruntuhan bangunan yang disisir dengan sekop dan tangan kosong oleh warga setelah serangan udara. Seorang pria duduk di atas pecahan beton sambil menyeka matanya.

"Sekitar empat orang masih terjebak di bawah reruntuhan" setelah sebuah pesawat menghantam bangunan "tanpa peringatan," kata Hassan Bayyout, 70.

Pasukan Israel telah menewaskan 12 orang Palestina dalam tiga hari serangan di Jenin di Tepi Barat yang diduduki, termasuk seorang pemuda yang ditembak mati di sebuah rumah sakit.

Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh mengatakan bahwa pemerintahan Biden sekarang harus berjalan di tempat dan mengambil langkah-langkah spesifik untuk mencapai solusi dua negara yang sulit dipahami, termasuk dengan memberikan tekanan pada Israel.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah menolak pernyataan duta besar Israel di London bahwa negaranya tidak menginginkan solusi dua negara untuk konflik dengan Palestina.

"Posisi lama kami tetap bahwa solusi dua negara adalah hasil yang tepat,” kata Sunak

Dia menambahkan bahwa sangat prihatin dengan penderitaan warga sipil di Gaza.

Sementara itu, penembakan artileri Israel semakin intensif di berbagai kota perbatasan Lebanon di mana Hizbullah aktif. Koresponden perang melaporkan penggunaan bom fosfor oleh tentara Israel dalam menggempur pinggiran kota Khiam.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat