visitaaponce.com

Hapag-Lloyd Jerman Tunda Pengiriman Kapal lewat Laut Merah

Hapag-Lloyd Jerman Tunda Pengiriman Kapal lewat Laut Merah
Tangki penyimpanan dan kapal kontainer perusahaan pengangkut laut Jerman Hapag-Lloyd AG di pelabuhan Barcelona.(AFP/Pau Barrena.)

PERUSAHAAN transportasi Jerman Hapag-Lloyd mengumumkan pada Jumat (15/12) bahwa mereka menunda pengiriman kapal kontainer lewat Laut Merah hingga 18 Desember. Ini diputuskan setelah salah satu kapalnya diserang Houthi dari Yaman.

"Hapag-Lloyd menangguhkan semua lalu lintas kapal kontainer melintasi Laut Merah hingga Senin," kata perusahaan itu dalam pernyataan yang dikirim ke AFP.

Pada saat itu, mereka akan mengambil keputusan pada periode berikutnya. Perusahaan tersebut mengatakan salah satu kapalnya telah diserang di lepas pantai Yaman, meski tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Maersk Tangguhkan Kapal Lalui Laut Merah akibat Serangan Houthi

Kelompok Houthi--didukung Iran dan menguasai sebagian besar Yaman tetapi tidak diakui secara internasional--mengatakan bahwa mereka menargetkan pengiriman untuk menekan Israel selama perang dua bulan dengan militan Hamas Palestina di Jalur Gaza.

Pada Jumat (15/12), kelompok tersebut mengatakan telah melakukan operasi militer terhadap dua kapal kontainer lagi, MSC Palatium dan MSC Alanya.

Baca juga: Houthi Yaman Serang Kapal Kargo Jerman di Laut Merah

Perusahaan intelijen swasta Ambrey mengatakan Al-Jasrah dimiliki oleh Hapag-Lloyd dan mengalami kerusakan fisik akibat serangan udara di utara kota pesisir Mokha, Yaman.

Sebelumnya pada Jumat, raksasa pelayaran Denmark Maersk mengumumkan pihaknya menangguhkan perjalanan kapalnya melalui Laut Merah sampai pemberitahuan lebih lanjut, setelah salah satu kapalnya menjadi sasaran pada Kamis. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat