visitaaponce.com

Polisi Prancis Tangkap Laurent Emmanuelli, Diduga Pemimpin Geng Corsican

Polisi Prancis Tangkap Laurent Emmanuelli, Diduga Pemimpin Geng Corsican
Ilustrasi - Pasukan gendarmerie menangkap pemimpin geng Corsican, Laurent Emmanuelli di Bastia, setelah turun dari pesawat.(AFP)

PEMIMPIN geng Corsican, Laurent Emmanuelli, diduga ditangkap Jumat di Bastia setelah turun dari pesawat yang datang dari Paris, Prancis, menurut sumber yang dekat dengan kasus tersebut.

Pria berusia 32 tahun itu ditangkap oleh pasukan gendarmerie yang besar, kata sumber yang dekat dengan kasus tersebut kepada AFP, mengonfirmasi laporan di koran Corsican Corse-Matin.

Polisi mencurigai Emmanuelli memimpin salah satu dari 25 geng kriminal yang aktif di pulau Mediterania tersebut, sebuah wilayah di Prancis.

Baca juga: Perusahaan Prancis Total Energies Incar Investasi di Nigeria

Menurut catatan rahasia dari kepolisian nasional yang berasal dari Maret 2022 dan dilihat oleh AFP, dia dianggap dekat dengan saudara Moretti dan potensi "dukungan" untuk keluarga Orsoni di Balagne, barat laut Corsica.

Emmanuelli ditangkap di Maroko pada Agustus 2021 dan ditempatkan dalam tahanan untuk ekstradisi ke Prancis "berdasarkan surat perintah pembunuhan, pemerasan, dan percobaan pembunuhan," menurut catatan tersebut.

Baca juga: Israel Didesak Sekutu untuk Gencatan Senjata

Pada Mei 2019, dia dicurigai bersama dengan rekan dekatnya yang berusia 22 tahun, Antoine Francisci, telah mencoba menyerang Dominique "Mimi" Costa. Francisci tewas pada hari itu oleh beberapa tembakan senapan ketika mengendarai buggy di Pietralba, sekitar 15 kilometer (10 mil) dari Moltifao, markas keluarga Costa.

Salah satu teori penyelidik adalah Costa telah mengetahui rencana dua pria tersebut untuk menyerangnya dan melakukan "pencegahan bela diri," kata sumber yang dekat dengan polisi kepada AFP pada Juli 2020.

Perang antar keluarga itu tampak didasarkan pada perjuangan untuk memperebutkan wilayah pengaruh antara kelompok yang sudah mapan dan generasi yang bangkit, yang diwakili Emmanuelli. Ini juga menyebabkan dua upaya penyelesaian pertikaian, pada Februari dan Juni 2020, di L'Ile-Rousse, utara Corsica.

Emmanuelli, yang dicurigai dalam kasus-kasus ini, kemudian dikenal karena "pekerjaan tidak terdaftar, ancaman, serangan bom, dan pelanggaran terhadap peraturan perjudian oleh geng terorganisir," menurut sumber-sumber tersebut.

Setelah kematian rekan dekatnya, Emmanuelli dicurigai melarikan diri ke luar negeri, yang kemudian dikonfirmasi oleh penangkapannya di Maroko.

Penangkapannya pada Jumat dilakukan sebagai bagian dari penyelidikan yang dilakukan oleh Jurisdiksi Khusus Antarwilayah (JIRS) Marseille, yang bertanggung jawab atas kasus kejahatan terorganisir, serta penyelidikan hukum oleh seorang hakim penyidik dari Bastia, kata sumber yang dekat dengan kasus tersebut kepada AFP. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat