visitaaponce.com

Prancis Kerahkan 90 Ribu Polisi Amankan Perayaan Malam Tahun Baru

Prancis Kerahkan 90 Ribu Polisi Amankan Perayaan Malam Tahun Baru
Ilustrasi.(AFP/SYLVAIN THOMAS )

KEAMANAN akan diperketat di seluruh Prancis pada malam Tahun Baru. Sebanyak 90 ribu petugas polisi akan dikerahkan, kata kepala intelijen dalam negeri Celine Berthon.

Dari jumlah tersebut, enam ribu polisi akan berada di Paris. Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan lebih dari 1,5 juta orang diperkirakan akan menghadiri perayaan tersebut di Champs-Elysees.

Berbicara pada konferensi pers, Darmanin mengutip ancaman teroris yang sangat tinggi. "Itu karena, antara lain apa yang terjadi di Israel dan Palestina,” katanya mengacu pada perang Israel-Hamas.

Baca juga: Malam Pergantian Tahun, Malioboro Jadi Car Free Night

Darmanin mengatakan polisi untuk pertama kalinya akan dapat menggunakan drone sebagai bagian dari upaya keamanan. Puluhan ribu petugas pemadam kebakaran serta lima ribu tentara juga akan dikerahkan.

Perayaan Malam Tahun Baru di Paris akan berpusat pada Olimpiade Paris 2024 , termasuk pertunjukan DJ, kembang api, dan proyeksi video di Arc de Triomphe.

Baca juga: Ide Dekorasi Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga

Tantangan keamanan menjelang Olimpiade menjadi sorotan ketika seorang turis tewas dalam serangan pisau di dekat Menara Eiffel pada 2 Desember. Serangan berskala besar seperti yang terjadi di Bataclan pada 2015, ketika ekstremis menyerbu gedung musik dan menembak hingga teras kafe, menewaskan 130 orang.

Serangan pisau tersebut menimbulkan kekhawatiran di Prancis dan luar negeri mengenai keamanan Olimpiade yang akan dimulai 26 Juli, dalam waktu kurang dari tujuh bulan. Namun aparat penegak hukum nampaknya ingin menunjukkan Paris yang siap menjaga keamanan. (France24/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat