visitaaponce.com

AS dan Sekutu Peringati Houthi ketika Serangan Kapal Mengguncang Perdagangan Global

AS dan Sekutu Peringati  Houthi ketika Serangan Kapal Mengguncang Perdagangan Global
Ilustrasi - Amerika dan 11 negara sekutunya memperingatkan pemberontak Houthi untuk menghentikan penyerangan di Laut Merah.(AFP)

SEBANYAK 12 negara yang dipimpin  Amerika Serikat memperingatkan pemberontak Houthi di Yaman akan konsekuensi yang tidak ditentukan, kecuali mereka segera menghentikan serangan di laut merah yang semakin mengganggu perdagangan global.

Pemerintahan Presiden Joe Biden menggambarkan pernyataan tersebut, yang juga diikuti Inggris, Jerman, dan Jepang, sebagai peringatan terakhir sebelum menurunkan kekuatan militer terhadap Houthi.

Pemberontak yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar Yaman termasuk ibu kota Sanaa dan sebagian besar pantai Laut Merah, telah menembaki kapal-kapal yang diduga terkait dengan Israel sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Baca juga: Dewan Keamanan PBB Gelar Pembicaraan Darurat terkait Serangan Houthi

“Biarlah pesan kami menjadi jelas: kami menyerukan diakhirinya segera serangan-serangan ilegal ini dan pembebasan kapal-kapal dan awak kapal yang ditahan secara tidak sah,” kata pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Gedung Putih.

“Houthi akan memikul tanggung jawab atas konsekuensinya jika mereka terus mengancam kehidupan, perekonomian global, dan arus bebas perdagangan di perairan penting di kawasan ini.”

Baca juga: Raksasa Pelayaran Maersk Hentikan Operasi di Laut Merah

Seorang pejabat senior pemerintahan Biden, meski tidak merinci konsekuensinya, menyebut pesan tersebut sangat jelas. "Saya tidak mengantisipasi peringatan lain. Saya pikir pernyataan ini sudah menjelaskannya sendiri," kata pejabat itu kepada wartawan.

Biden berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya pada pagi hari Tahun Baru saat berlibur di Kepulauan Virgin AS untuk membahas pilihan atas serangan Huthi, kata pejabat itu.

Inggris, sekutu dekat AS dalam masalah keamanan, telah mengeluarkan peringatan mengenai tindakan langsung. Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan kelompok Houthi harus mengakhiri serangan mereka yang mematikan dan mengganggu stabilitas kapal.

“Inggris akan selalu mengambil tindakan untuk membela kebebasan navigasi,” tulis Sunak di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Amerika Serikat sebelumnya mengirim kapal induk ke wilayah tersebut dan mengumumkan koalisi angkatan laut untuk melindungi pergerakan di Laut Merah, yang merupakan jalur 15 persen perdagangan global, menurut angka PBB.

Inggris telah menyumbangkan kapal perusak Angkatan Laut Kerajaan, HMS Diamond, untuk meningkatkan kehadiran Inggris yang sudah lama ada di kawasan Teluk.

Pada hari Minggu, militer AS mengatakan telah menenggelamkan tiga kapal Huthi menyusul serangan terhadap kapal kontainer raksasa pelayaran Denmark, Maersk. Pemberontak mengatakan 10 pejuang mereka tewas dalam insiden tersebut.

Kelompok Huthi pada hari Rabu mengumumkan serangan terbaru dari lebih dari 20 serangan mereka, dengan mengatakan mereka menyerang sebuah kapal barang berbendera Malta yang diyakini sedang menuju wilayah pendudukan Palestina. Kapal itu tidak tertabrak.

Harga pelayaran melonjak 

Pada pertemuan Dewan Keamanan (DK), Senin, badan maritim PBB mengatakan 18 perusahaan pelayaran mengubah rute kapal di sekitar Afrika untuk menghindari Laut Merah, karena terhadap peningkatan serangan.

Berkeliling Afrika dibandingkan melalui Terusan Suez berarti tambahan 10 hari perjalanan, kata Ketua Organisasi Maritim Internasional Arsenio Dominguez.

Setelah serangan terakhir, operator Perancis CMA CGM mengumumkan kenaikan harga yang besar, dengan harga peti kemas berukuran 40 kaki antara Asia dan Mediterania barat meningkat dua kali lipat dari US$3.000 menjadi US$6.000. Maersk, pada Selasa, memperpanjang penangguhan layanan melalui Laut Merah dan Teluk Aden, selatan Yaman, “sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

Khaled Khiari, asisten sekretaris jenderal PBB, menyuarakan keprihatinan mengenai perdagangan global dan juga “risiko Yaman terseret ke dalam konflik regional.”

Sejak Selasa, Iran dilanda ledakan besar dan dugaan serangan Israel menewaskan seorang pemimpin senior Hamas di Lebanon. Pejabat pemerintahan Biden mengatakan bahwa rudal Huthi – yang dapat melaju dengan kecepatan Mach 5, lima kali kecepatan suara – “sangat jelas berasal dari Iran.”

Pemerintahan Biden awalnya berhati-hati dalam menanggapi hal ini karena berupaya menjaga perdamaian yang rapuh di Yaman, tempat perang saudara selama satu dekade telah menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia di negara termiskin di semenanjung Arab tersebut.

Gencatan senjata antara Houthi dan pemerintah yang didukung Saudi dan diakui secara internasional sebagian besar telah terjadi sejak April 2022. 

Satu-satunya negara regional yang menandatangani pernyataan yang dipimpin Gedung Putih adalah Bahrain, negara kecil di Teluk yang memiliki hubungan tegang dengan Iran, yang mendukung kelompok Houthi. Penandatangan lainnya adalah Australia, Bahrain, Belgia, Kanada, Denmark, Italia, Belanda dan Selandia Baru. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat