visitaaponce.com

12 Sandera Hamas Tewas oleh Tank Israel

12 Sandera Hamas Tewas oleh Tank Israel
12 Warga Israel tewas ditembak tank milik pasukan militer Israel(AFP)

MEDIA Israel, Haaretz, menyerukan penyelidikan atas pembunuhan 12 warga Israel yang disandera kelompok pejuang Palestina Hamas. Mereka tewas akibat tembakan dari tank Israel ke sebuah rumah di permukiman Be'eri dekat perbatasan Jalur Gaza.

"Tidak ada tuntutan yang lebih dibenarkan selain permintaan keluarga korban tewas dalam insiden penyanderaan di Kibbutz Be’eri. Keluarga meminta menyelidiki tindakan tentara dan menerima jawaban mengenai kematian orang yang mereka cintai," kata Haaretz dalam tajuknya, Selasa (9/1).

Harian itu menyerukan militer Israel untuk melakukan penyelidikan yang memberikan penjelasan mengenai Protokol Hannibal, yang menyatakan bahwa warga Israel yang tewas lebih baik daripada tawanan yang ditahan musuh, diterapkan selama serangan terhadap permukiman tersebut.

Baca juga: Tentara Israel Rampok Uang dan Emas Warga Gaza Senilai Rp387 Miliar

Protokol Hannibal adalah arahan militer yang diterapkan oleh tentara Israel yang mengatur bagaimana unit lapangan merespons ketika seorang tentara ditangkap oleh pasukan musuh. 0rotokol itu dirancang pada 1986 dan dibatalkan pada 2016 berdasarkan keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Israel saat itu, Gadi Eisenkot.

Saat ini ia menjabat sebagai menteri di Dewan Menteri Militer. Haaretz menyebutkan, penyelidikan dapat membantu memperjelas arahan militer ini benar-benar digunakan atau tidak terhadap sandera Israel yang ditahan Hamas di Jalur Gaza.

Baca juga: 2 Jurnalis Tewas Lagi dalam Serangan Israel di Jalur Gaza

Hamas diyakini menahan 136 warga Israel sebagai sandera di wilayah yang terkepung itu setelah serangan 7 Oktober. Israel telah melancarkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 23.084 warga Palestina dan melukai 58.926 lainnya, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Sementara itu, hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas. Serangan gencar Israel telah menyebabkan kehancuran di Gaza, dengan 60% infrastruktur di wilayah tersebut rusak atau hancur, dan hampir dua juta penduduk mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

(Anadolu/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat