visitaaponce.com

33 Orang Tewas Akibat Tragedi Longsor di Kolombia

33 Orang Tewas Akibat Tragedi Longsor di Kolombia:
Tim pencari selamat berjuang melawan waktu untuk menemukan korban selamat dari longsor yang telah menewaskan setidaknya 33 orang.(AFP)

TIM penyelamat berjuang melawan waktu pada Sabtu untuk menemukan korban selamat dari longsor yang menewaskan setidaknya 33 orang, sebagian besar anak-anak, di barat laut Kolombia, kata Wakil Presiden negara itu pada hari Sabtu.

"Saya sangat menyesal atas kematian 33 orang dalam tragedi ini, sebagian besar anak-anak, menurut laporan awal," tulis Wakil Presiden Francia Marquez di media sosial X.

Tim pencari selamat - termasuk petugas pemadam kebakaran, tentara, dan warga setempat - melalui lumpur dan puing-puing dalam upaya menemukan korban selamat, sementara keluarga berdiri di dekatnya, beberapa menangis tanpa henti, yang lain merangkul dengan berlinang air mata.

Baca juga: Wow Burung Langka dari Kolombia ini Pamerkan Bulu Jantan dan Betina

Petugas penyelamat menggunakan tandu untuk membawa keluar jenazah, sementara helikopter melayang di atas. "Saya bahkan tidak tahu harus berpikir apa, saya khawatir, mencari keluarga saya," kata Andres Asprilla kepada AFP. Dia mengatakan empat anggota keluarganya hilang.

Sebelumnya, pejabat telah menyebutkan jumlah korban dalam longsor Jumat, yang melanda jalan yang menghubungkan kota Medellin dan Quibdo di departemen Choco, sebanyak 23 tewas dan 20 luka.

Baca juga: Tanah Longsor Tutup Akses Jalan di Wilayah Lembang

Semua sumber daya yang tersedia dikirimkan ke daerah tersebut, kata Presiden Gustavo Petro di media sosial pada Jumat. Hingga Sabtu pagi, 17 jenazah telah dibawa ke kamar mayat dan pemeriksa forensik telah mengidentifikasi lima di antaranya, kata otoritas.

Longsor di Choco, yang terletak di Samudera Pasifik, terjadi setelah lebih dari 24 jam hujan deras. 

Seorang pejabat setempat mengatakan kepada AFP bahwa banyak pelancong, yang terhalang oleh longsor sebelumnya pada Jumat, meninggalkan mobil mereka untuk berlindung di sebuah rumah dekat munisipalitas Carmen de Atrato. "Tetapi sayangnya, longsor datang dan mengubur mereka," kata pejabat itu, berbicara dengan nama samaran.

Gambar yang dibagikan di jaringan sosial menunjukkan sebagian gunung longsor dan jatuh ke deretan mobil, sementara teriakan pecah.

Risiko Tinggi

Petugas penyelamat menggunakan anjing pelacak untuk menemukan yang terkubur, dan peralatan penggali untuk hati-hati mengangkat tanah. "Kami berada di sini sejak jam tiga pagi, dan sekitar jam enam agensi bantuan dan pencarian serta pengangkatan jenazah dimulai," kata Sneider Palacios, yang kehilangan sepupunya. Itu "sangat sulit," tambahnya.

Clara Estrada tiba di tempat kejadian jam 5 pagi untuk mencari keponakannya. "Kami tidak tahu apa-apa, apakah dia hidup atau mati," katanya. Jenazah yang dibawa keluar, tambah Estrada, "tak satupun dari mereka adalah dia."

Sementara itu, Kantor Pengawas Hak Asasi Manusia memperingatkan tentang risiko tinggi longsor baru. "Kami menyerukan semua tindakan yang diperlukan diambil untuk menjaga nyawa orang yang berisiko di area tersebut," demikian bunyi sebuah buletin.

Longsor di bagian yang sama di Kolombia pada Desember 2022 menewaskan setidaknya 27 orang, menahan orang dalam bus dan kendaraan lainnya.

Meskipun sebagian besar Kolombia mengalami kekeringan, para meteorolog telah memperingatkan tentang risiko hujan lebat di beberapa departemen yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat