visitaaponce.com

40 Sandera Pejabat Penjara di Ekuador Dilepaskan

40 Sandera Pejabat Penjara di Ekuador Dilepaskan
Lebih dari 40 pejabat penjara di Ekuador yang dijadikan sandera oleh narapidana telah dibebaskan.(AFP)

LEBIH dari 40 pejabat penjara di Ekuador yang dijadikan sandera oleh narapidana telah dibebaskan, demikian dikatakan otoritas penjara, Sabtu, di tengah negara ini berjuang menghadapi kampanye teror geng yang brutal.

"Sebanyak 24 penjaga dan 17 pegawai administrasi telah dibebaskan," demikian kata otoritas penjara SNAI tanpa memberikan rincian, sementara 133 penjaga dan tiga pegawai masih tetap menjadi sandera.

Para penjaga dan pekerja penjara diambil sebagai sandera setelah Presiden Daniel Noboa mengumumkan pada Senin pengambilalihan militer terhadap kelompok kriminal, memicu konfrontasi mematikan dengan geng narkoba di negara Amerika Selatan ini.

Baca juga: Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Kekerasan di Ekuador

"24 jam terakhir telah menyaksikan kekerasan baru di penjara Ekuador, dengan satu penjaga tewas dan yang lainnya terluka," kata SNAI.

Terjadi "bentrokan bersenjata" di penjara Machala di barat daya, sementara pasukan militer dan polisi melakukan razia di pusat-pusat penahanan di enam kota untuk "memulihkan ketertiban dan normalitas."

Baca juga: Guterres Kutuk Kekerasan di Ekuador

Setidaknya lima narapidana melarikan diri pada Jumat malam dari kompleks penjara Guayaquil yang luas, dengan dua di antaranya ditangkap tidak lama setelahnya selama operasi pencarian, kata sumber polisi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat