visitaaponce.com

3 Perusahaan Jepang Hentikan Pelayaran di Laut Merah

3 Perusahaan Jepang Hentikan Pelayaran di Laut Merah
Armada NYK(Instagram @nykline_official)

TIGA perusahaan pelayaran besar Jepang mengatakan Rabu (17/1), bahwa mereka bergabung dengan perusahaan besar lainnya dalam menangguhkan rute melalui Laut Merah karena serangan Houthi Yaman terhadap kapal-kapal di jalur air penting tersebut.

“Kami telah menangguhkan navigasi melalui Laut Merah oleh semua kapal yang kami operasikan,” kata juru bicara Nippon Yusen, yang juga dikenal sebagai NYK Line, kepada AFP.

Ia menambahkan bahwa keputusan tersebut adalah untuk menjamin keselamatan awak kapal.

Baca juga: Laut Merah Buat Pasar Saham Dunia Memerah

Baca juga : Hindari Laut Merah, Kapal Mesti Rogoh Kocek Rp15 Miliar Memutar lewat Afrika

"Dua perusahaan pelayaran besar Jepang lainnya (Kawasaki Kisen Kaisha dan Mitsui O.S.K. Lines) juga telah menghentikan navigasi melalui Laut Merah, kata juru bicara perusahaan.

Sejak Jumat lalu, pasukan AS dan Inggris telah melakukan pengeboman terhadap sejumlah sasaran di wilayah Yaman sebagai respons terhadap serangan yang dilakukan oleh Houthi.

Baca juga : 4 Hal Tentang Pasukan Houthi di Yaman

Baca juga : Laut Merah Masih Jadi Rute Terbaik Kapal Tanker Minyak Dunia

Angkatan Bersenjata Houthi mengatakan bahwa mereka menargetkan kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel di Laut Merah sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza, Palestina.

Situasi ini meningkatkan kekhawatiran akan pecahnya perang Israel-Hamas di kawasan dan mengganggu perdagangan di salah satu rute komersial maritim utama dunia.

Jalur perairan antara pasar Asia dan Eropa biasanya membawa sekitar 12%  perdagangan maritim global.

Sementara, untuk mengalihkan rute ke ujung selatan Afrika membutuhkan waktu lebih lama dan lebih mahal.

“Kapal-kapal yang kami operasikan dan akan segera memasuki Laut Merah diminta untuk tidak memasuki Teluk Aden” di selatan Laut Merah, juru bicara Mitsui O.S.K. Lines mengatakan kepada AFP.

Juru bicara Kawasaki Kisen Kaisha, Goro Kitamura mengatakan perusahaannya juga menangguhkan navigasi ke Laut Merah sejak Jumat, namun kami tidak memiliki kapal di dekat Laut Merah saat ini.

Bulan lalu, Ocean Network Express, sebuah bisnis pengiriman peti kemas yang didirikan bersama oleh tiga perusahaan Jepang, mengatakan mereka akan menghindari daerah tersebut.

Pada bulan November, pemberontak Huthi mengatakan mereka telah menyita sebuah kapal milik seorang pengusaha Israel dan mengalihkannya ke pantai Yaman.

Kapal tersebut dioperasikan oleh Nippon Yusen, yang menyatakan telah membentuk tim tugas untuk mengumpulkan informasi guna memastikan keselamatan awak kapal yang berjumlah 25 orang.

Namun hingga hari Rabu, Nippon Yusen belum memiliki informasi baru mengenai kapal yang disita tersebut, kata juru bicara tersebut.

“Kami belum menerima informasi, sementara kami mengkhawatirkan nasib kapal dan awaknya,” ujarnya. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat