visitaaponce.com

Retno Marsudi Walk Out di Sidang PBB, Maruf Amin Itu Sikap Kita

Retno Marsudi Walk Out di Sidang PBB, Ma'ruf Amin: Itu Sikap Kita
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi(AFP)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan aksi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang walk out saat Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB, Gilad Erdan, berpidato di debat terbuka Dewan Keamanan PBB menunjukkan sikap Indonesia yang sebenarnya. Ma'ruf menegaskan bahwa Indonesia konsisten menyuarakan kemerdekaan bagi Palestina.

"Sikap Menlu saya kira itu menunjukkan sikap kita. Sejak lama kita ingin negara-negara terjajah itu merdeka," ujar Ma'ruf disela kunjungan kerja ke Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (27/1).

Wapres juga menekankan bahwa putusan Mahkamah Internasional (ICJ) harus dimaknai sebagai keputusan untuk penghentian penyerangan. Israel harus menghentikan aksi genosida di wilayah Gaza.

Baca juga: Viral, Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Utusan Israel Bicara di Forum Debat DK-PBB

"Jadi, jangan ada genosida. Artinya harus menghentikan penyerangan. Menghentikan serangan itu sudah menjadi putusan PBB, sudah menjadi putusan berbagai negara," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menlu Retno dan sejumlah delegasi asing ke luar ruangan saat Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan hendak memberikan pernyataannya dalam Debat Terbuka DK PBB terkait situasi di Timur Tengah. Aksi itu terekam dalam sebuah video yang kemudian viran di jagat maya.

Baca juga: Presiden Jokowi Menentang PM Netanyahu soal tidak Adanya Negara Palestina

Setidaknya 25.700 warga Palestina telah tewas dan 63.740 orang terluka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat