visitaaponce.com

Gugatan Disney Terhadap Gubernur Florida Ditolak oleh Hakim Federal

Gugatan Disney Terhadap Gubernur Florida Ditolak oleh Hakim Federal
Hakim federal menolak gugatan Disney terhadap Gubernur Florida Ron DeSantis(AFP)

HAKIM federal pada Rabu menolak gugatan Disney terhadap Gubernur Florida Ron DeSantis. Gugatan itu mengklaim DeSantis melakukan pembalasan ilegal terhadap perusahaan hiburan itu karena mengkritik agenda "anti-woke"-nya.

Gubernur Republik dan Disney, yang taman bermainnya di Florida Tengah merupakan salah satu pemberi kerja terbesar di negara bagian itu, telah berselisih sejak 2022 ketika perusahaan tersebut menentang sebuah undang-undang pendidikan yang didukung oleh DeSantis yang berkaitan dengan pemuda LGBTQ.

Pada saat itu, DeSantis dianggap sebagai bintang sayap kanan yang naik daun yang berpotensi menggantikan mantan presiden Donald Trump sebagai kandidat utama Partai Republik pada 2024.

Baca juga : Hakim AS Batalkan Kompensasi Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk Senilai US$56 Miliar

Setelah kritik dari Disney, DeSantis mendorong legislatur yang dikuasai Republik mencabut perjanjian otonomi khusus, yang memungkinkan taman bermain seukuran kota itu mengatur tata ruang dan proyek infrastruktur mereka sendiri.

Disney kemudian menggugat DeSantis, menggambarkan tindakannya sebagai kampanye pembalasan pemerintah yang ditargetkan yang melanggar hak perusahaan untuk berbicara bebas.

Hakim Distrik Allen Winsor, yang diangkat Trump, menolak gugatan tersebut dengan alasan perusahaan tersebut tidak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan gugatan terhadap DeSantis.

Baca juga : Pelaku Penyerangan Hakim Mengenakan Topeng Ala Hannibal Lecter Saat Dihukum

Disney berjanji untuk mengajukan banding terhadap putusan tersebut dan menyatakan dalam pernyataan kepada AFP bahwa kasus ini memiliki implikasi serius terhadap aturan hukum.

"Jika dibiarkan tanpa tantangan, ini akan menetapkan preseden berbahaya dan memberikan lisensi kepada negara untuk menggunakan kekuasaan resmi mereka untuk menghukum ekspresi pandangan politik yang tidak mereka setujui," kata pernyataan tersebut.

DeSantis baru-baru ini menangguhkan kampanye presiden setelah jelas bahwa pemilih Republik masih lebih memilih Trump sebagai kandidat mereka. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat