visitaaponce.com

115 Pengungsi Rohingya di Malaysia Kabur dari Penahanan Imigrasi

115 Pengungsi Rohingya di Malaysia Kabur dari Penahanan Imigrasi
Pusat imigrasi di Bidor, Malaysia, lokasi tempat sebanyak 115 pengungsi Rohingya kabur.(Dok. AFP/Rasfan)

SEBANYAK 115 pengungsi Rohingya melarikan diri dari pusat penahanan imigrasi Malaysia. Kejadian tersebut menyebabkan kerusuhan pada Kamis (1/2) dengan satu orang tewas setelah ditabrak kendaraan di jalan raya saat ia melarikan diri.

Insiden ini merupakan kejadian kedua yang dilaporkan di pusat penampungan pengungsi di Malaysia dalam beberapa bulan terakhir. Pada April 2022, 582 pengungsi Rohingya melarikan diri dari depo imigrasi di negara bagian Kedah utara. Enam dari imigran tersebut tewas setelah ditabrak kendaraan di jalan raya.

"Sebanyak 131 migran melarikan diri dari depo penahanan imigrasi Bidor di negara bagian Perak barat Malaysia pada Kamis (1/2) malam," kata Direktur Jenderal Departemen Imigrasi Ruslin Jusoh dalam sebuah pernyataan pada Jumat (2/2).

Baca juga : Ratusan Imigran Rohingya Tempati Gedung Eks Kantor Imigrasi Lhokseumawe Aceh

Ia menambahkan bahwa seluruh pengungsi yang kabur itu merupakan laki-laki. Selain 115 pengungsi etnis Rohingya, terdapat juga 16 warga negara Myanmar dari etnis lain yang ikut kabur.

"Seratus anggota Departemen Imigrasi dan Pasukan Operasi Umum telah dikerahkan untuk mencari para tahanan," kata Direktur Jenderal Imigrasi Malaysia Ruslin Jusoh.

Total, kata dia, 275 personel gabungan dikerahkan dalam operasi tersebut. Malaysia, yang tidak mengakui status pengungsi, telah lama menjadi tujuan migrasi bagi etnis Rohingya yang melarikan diri dari penganiayaan di Myanmar atau kamp pengungsi di Bangladesh.

Baca juga : Perahu Terbalik di Teluk Benggala, 17 Pengungsi Rohingya Tewas

(CNA)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat